Foto: Batfish, Bukan Kelelawar Biasa

Foto: Batfish, Bukan Kelelawar Biasa

Ikan Batfish di perairan Manado © Sumber: Indigo safaris

Kelelawar yang satu ini bukanlah satwa nokturnal seperti yang kita kenal selama ini. Kelelawar satu ini adalah sejenis ikan yang indah, yang salah satu habitatnya adalah lautan lepas Indonesia.

Lebih spesifik lagi, ikan pipih ini nama latinnya adalah Platax orbicularis atau juga dikenal sebagai batfish melingkar, batfish orbiculate, atau batfish orbic. Ikan ini adalah ikan laut yang populer dan endemik perairan tropis Samudra Hindia dan Pasifik.

Tubuh Platax orbicularis hampir berbentuk bulat, dan sangat tipis. Ekornya, sekitar 20% dari panjang tubuh, berbentuk seperti kipas. Yang Jantan bisa tumbuh hingga 50 cm panjangnya.

Batfish di perairan Manado | Foto: Wisuda

Usia remajanya memiliki kemampuan dan kamuflase alami untuk meniru seperti daun yang mengambang dan ganggang laut. Sementara mereka juga memakan ganggang dan plankton di seluruh habitat terumbu alami mereka dari Indo – Pasifik. Dan saat remaja itulah, mereka akan kehilangan warna coklat-oranye, dan bagian ekor relatif panjang dan sirip punggungnya. Orbiculate Batfish sangat ramah dan berdamai dengan jenis ikan lainnya, dan cukup sosial di antara individu sejenis lainnya, mereka akan membentuk grup atau kelompok dengan Orbiculate Batfish lainnya yang mereka temui di lingkungan mereka.

Close up jenis ikan batfish di Manado | Foto: Wisuda

Di alam liarnya, batfish bundar ditemukan di perairan payau atau laut, dan biasanya di sekitar terumbu karang, pada kedalaman 5 sampai 30 meter. Tersebar dari Laut Merah dan Afrika Timur di timur sampai ke Kepulauan Tuamotu di Polinesia Perancis di barat, dan dari selatan Jepang di utara sampai ke utara Australia dan Kaledonia Baru. Walupun juga telah tercatat di lepas pantai Florida, di duga kuat penyebaran di sini sebagai akibat dari pembuangan spesimen akuarium.

Juvenile atau anakan dari ikan batfish hidup secara soliter atau hidup dalam kelompok kecil, di antara bakau atau laguna terlindung lainnya. Sedangkan yang dewasa hidup lebih komunal atau berkelompok. Dan ditemukan di perairan yang lebih terbuka. Juvenile batfish, corak dan warnanya sangat berbeda dengan induknya. Lebih berwarna dan unik.

Foto: Wisuda

Karena bentuknya yang indah dan menarik, ikan batfish sangat digemari orang sebagai ikan peliharaan di akuarium. Sekali lagi, regulasi khusus untuk penangkapan ikan batfis memang belum ada, tetapi kuota penangkapan tetap harus disepakati diantara para nelayan ikan hias, sehingga kepunahan dapat dihindari. Kemungkinan untuk menangkarkannya juga merupakan salah satu solusi yang bisa ditempuh, agar ikan-ikan di lautan tercinta kita ini tidaklah semakin menghilang.


Sumber: Ditulis oleh Wisuda dan diposting ulang dari Mongabay Indonesia atas kerjasama dengan GNFI

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli100%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Tim Redaksi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Candy Crab, “Permen Hidup” Menarik Dari Indo Pasifik Sebelummnya

Candy Crab, “Permen Hidup” Menarik Dari Indo Pasifik

2 Siswa Asal Bali Raih Penghargaan di Amerika Atas Solusinya Terhadap Biofouling Selanjutnya

2 Siswa Asal Bali Raih Penghargaan di Amerika Atas Solusinya Terhadap Biofouling

0 Komentar

Beri Komentar