Pictured Dragonet, Ikan Eksotis Yang Makin Langka

Pictured Dragonet, Ikan Eksotis Yang Makin Langka
info gambar utama

Indonesia kaya dengan keanekaragaman hayati bawah laut, salah satunya adalah ikan Pictured Dragonet (Synchiropus picturatus). Serupa tapi tak sama, demikian jika kita menyandingkan antara Mandarinfish (Synchiropus splendidus) dengan Pictured Dragonet Perbedaan kedua ikan eksotis ini cuma motif di badannya. Jika Mandarinfish mempunyai motif garis-garis, sedangkan Pictured Dragonet atau biasa juga disebut dengan Western Dragonet mempunyai motif bulat-bulat.

Keberadaan Pictured Dragonet termasuk langka, jika dibandingkan dengan saudara kembarnya Mandarinfish. Mempunyai habitat yang juga serupa dengan Mandarinfish, Pictured Dragonet hidup dan bersembunyi diantara karang-karang mati.

Ikan Pictured Dragonet dari kawasan perairan Bali | Foto: Wisuda
info gambar

Karang-karang mati ini, mereka manfaatkan sebagai tempat berlindung dari para predatornya. Dengan warna dan coraknya yang menarik, Pictured Dragonet seringkali menarik perhatian para pehobi fotografi bawah laut.

Pictured dragonet sering dijumpai pada pagi hari ketika matahari terbit dan sore hari ketika matahari terbenam, atau bisa juga tergantung pada suhu air. semakin rendah suhu air, maka Pictured Dragonet akan lebih mudah dijumpai. Ikan ini juga sering pula dijumpai berpasangan.

Ikan Pictured Dragonet dari kawasan perairan Bali | Foto: Wisuda
info gambar

Ikan eksotik ini tidak diketahui musim memijah yang pasti, karena ketika suhu air rendah maka pictured dragonet kerap dijumpai sedang bereproduksi. Pictured Dragonet jantan bisa melakukan perkawinan pada beberapa betina sekaligus dalam satu masa. proses perkawinannya pun tergolong sangat unik, betina dan jantan akan berenang berdampingan sambil masing-masing mengeluarkan sperma dan telurnya.

Makanan Pictured Dragonet adalah algae atau tumbuhan yang menempel pada karang.

Walaupun senang menampakan diri pada suhu air rendah, tetapi Pictured Dragonet tersebar di wilayah perairan tropis, seperti Asia, termasuk Indonesia sampai ke sebagian laut Australia.

IKan Pictured Dragonet yang sedang kawin di kawasan perairan Bali | Foto: Wisuda
info gambar

Sebetulnya di beberapa wilayah perairan laut indonesia, ikan ini dapat dijumpai dengan mudah, tetapi karena ketidaktahuan dari pemerintah setempat dan ekaplorasi nya sebagai komoditas ikan hias, menjadikannya semakin menghilang dan tidak dikenal.

Padahal, jika dipertahankan dan dijaga betul keberadaannya, ikan ini bisa mendatangkan devisa dan keuntungan yang tidak sedikit, karena para fotografer underwater , baik dalam negeri maupun mancanegara, banyak yang mengincar ikan ini sebagai obyek fotonya.


Sumber: Ditulis oleh Wisuda dan diposting ulang dari Mongabay Indonesia atas kerjasama dengan GNFI

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini