Teras Baca Kian Menjamur di Sekolah-sekolah Jambi

Teras Baca Kian Menjamur di Sekolah-sekolah Jambi
info gambar utama
  • Membaca buku tak melulu dilakukan di kelas atau perpustakaan, tapi juga bisa dilakukan di teras sekolah.
  • Sekolah-sekolah di Jambi ini misalnya, yang membuat Teras Baca.
  • Inovasi ini dapat dijumpai di sekolah yang menjadi mitra program PINTAR Tanoto Foundation.

Teras atau selasar yang biasanya dipakai untuk duduk santai atau berkumpul, ternyata juga bisa disulap jadi tempat membaca. Beberapa sekolah di kabupaten Tanjung Jabung dan Tanjung Jabung Barat provinsi Jambi contohnya, yang baru-baru ini memperbanyak pengadaan teras baca.

Teras baca tersebut memanfaatkan ruangan di samping kelas yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pihak sekolah. Tak hanya mendirikan teras baca, guru-guru di sekolah ini juga memberikan keteladanan dengan ikut membaca bersama siswa.

“Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengenalkan buku dan kegiatan membaca kepada anak-anak adalah dengan mendirikan teras atau selasar baca di lingkungan sekolah. Siswa tidak harus ke perpustakaan untuk membaca buku, kita dekatkan buku dengan anak-anak,” ungkap Sulasteri, kepala SDN 61/X Talang Babat Kabupaten Tanjung Jabung Timur Jambi, dalam siaran pers Tanoto Foundation.

Siswa-siswi sangat antusias membaca di Teras Baca | Foto: Tanoto Foundation
info gambar

Sulasteri awalnya tidak sampai ke arah sana untuk membuat teras baca, karena tempat baca baginya adalah di perpustakaan. Namun setelah dirinya mengikuti pelatihan Tanoto Foundation dengan materi budaya baca, ternyata budaya baca bisa dipraktekkan di mana saja dan kapan saja.

Sulasteri pun mengakui dengan adanya teras baca membuat siswa semakin mudah untuk membaca buku, kapan saja membuat anak-anak bisa membaca buku bacaan yang disukai, seperti sebelum masuk kelas, pada saat istirahat, sampai menunggu jemputan orang tua.

Jika teras baca SDN 61/X Talang Babat Tanjung Jabung Timur berada di selasar kelas, SDN 05/V Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat berada di tengah tangga lantai satu menuju lantai dua. Persinggahan tangga tersebut dimanfaatkan oleh pihak sekolah untuk tempat membaca siswa.

Teras baca di SDN 05/V Kuala Tungkal Tanjung Jabung Barat | Foto: Tanoto Foundation
info gambar

“Setelah sekolah kami menjadi mitra Program PINTAR Tanoto Foundation, kami berupaya meningkatkan program budaya baca, salah satunya membuat banyak spot tempat membaca, seperti di persinggahan tangga ini,” ujar Sampurna, salah seorang guru SDN 05/V Kuala Tungkal,

Sekilas memang tampak sederhana, namun ketika siswa hilir mudik naik turun tangga, tangan-tangan mungil mereka mengambil buku bacaan untuk dibaca ketika saat istirahat maupun sedang menunggu jam pelajaran dimulai.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini