Makhluk Misterius Muncul di Palung Jawa. Hewan Apa Itu?

Makhluk Misterius Muncul di Palung Jawa. Hewan Apa Itu?
info gambar utama

Baru-baru ini, seekor hewan laut muncul tak sengaja terekam ketika tim penyelam dari Five Deeps Expedition untuk Discovery Channel menyelam di palung terdalam di Palung Jawa, Samudera Hindia.

Tim ilmuwan itu menyelam hingga kedalaman 23,596 kaki, atau sekitar 7,1 kilometer untuk mencapai dasar Palung Jawa. Butuh waktu 2,5 jam untuk sampai di titik terendah palung tersebut.

Sekilas terlihat seperti ubur-ubur. Namun para penyelam menilai hewan tersebut tampak mirip seperti ‘ubur-ubur’ yang aneh, bahkan tidak mirip dengan hewan laut manapun yang sudah pernah terlihat atau ditemukan.

"Makhluk ini tidak menyerupai (hewan) apapun yang pernah terlihat sebelumnya," ungkap Victor Vescovo dan tim penyelam yang dikutip CNN.

Alan Jamieson, selaku Kepala Ilmuwan yang tergabung dalam ekspedisi tersebut mengatakan, hewan laut tersebut tidak tampak seperti makhluk hidup sungguhan. Pihaknya bahkan mengulang-ulang rekaman tersebut untuk memastikan dan mencari petunjuk dari video tersebut.

Kembalinya ia ke kamar hotelnya di Bali, Jamieson tak berhenti bekerja dan mencari tahu dengan cara mencari bermacam-macam petunjuk di internet dan akhirnya menemukan tim ilmuwan Jepang yang pernah menemukan makhluk laut yang mirip seperti yang ia temukan.

“Kami sampai pada kesimpulan bahwa makhluk ini bernama tunicate, yang merupakan seekor sea squirt. Khusus untu makhluk (yang Jamieson) temukan, kami rasa disebut sebagai ascidian," terang Jamieson yang dikutip dari Republika.co.id

Ia menjelaskan, Tunicate biasanya menempel di dasar-dasar laut. Karena palung-palung di lautan cenderung seismik, hewan tersebut yang berada di dasar laut dapat berisiko terkubur bila menempel di dasar palung.

Jamieson juga menilai, makhluk tersebut telah beradaptasi dengan lingkungan dalam Palung Jawa, yakni tidak menempel di dasar palung.

--

Sumber : Republika.co.id, Detik.com, CNN

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini