Delegasi UI Juara 1 Kompetisi Bisnis di Korea

Delegasi UI Juara 1 Kompetisi Bisnis di Korea
info gambar utama
  • Delegasi UI sukses sabet juara 1 di sebuah kompetisi bisnis di Korea.
  • Tim ini terdiri dari enam mahasiswa FTUI.
  • Mereka terpilih sebagai juara berkat inovasi di pengolahan limbah sampah plastik.

Melalui ide inovatif berupa pengolahan limbah sampah plastik menjadi bahan baku benang filamen printer tiga dimensi, delegasi Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari enam mahasiswa Fakultas Teknik (FTUI) sukses menyabet gelar juara.

Mereka membawa pulang predikat Platinum Prize (juara satu) dan hadiah sebesar USD 2.000. Kompetisi ini bertajuk Asian Student’s Venture Forum yang digelar di Seoul dan Daejeon, Republik Korea, pada 3-7 April 2019.

Keenam delegasi tersebut adalah Pande Bagus Widyantara, Muhammad Rasyad, Idrus Fahreza, Riska Amira, Naufal Arif, dan Abiyyah. Konsep yang ditawarkan oleh mahasiswa FTUI ini sarat dengan teknologi namun juga mengedepankan business plan yang menarik dan menjanjikan dari segi finansial.

BACA JUGA: Sustainism Lab, Cara Trendi Kelola Sampah Sendiri di Bali

Salah satu perwakilan tim, Pande Bagus, menuturkan, “Sebagai mahasiswa Teknik UI, kami ingin mengedepankan temuan keteknikan berbasis terapan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Kami bangga dapat mewakili UI di dalam ajang bergengsi di Asia dan bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara untuk memperkenalkan budaya Indonesia serta kualitas anak bangsa,” ujarnya dalam keterangan resmi.

Asian Students’ Venture Forum merupakan event lomba tahunan yang diadakan Korea Economic Daily dan pada tahun ini disponsori oleh KT&G. Kompetisi business start-up ini diikuti oleh berbagai negara di Asia, seperti Korea, Tiongkok, Taiwan, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, Mongolia, Filipina, Singapura, Uzbekistan, dan Vietnam.

BACA JUGA: Boy Candra Sulap Sampah Plastik jadi Pipa Berharga

Kompetisi internasional business plan terbesar se-Korea ini sudah diadakan sejak 2002. Tidak hanya mempresentasikan ide-ide baru dan inovasi menarik, seluruh peserta kompetisi juga turut mengikuti berbagai kegiatan kultural, diskusi sosial, dan diskusi terkait isu ekonomi global lainnya.**

Selamat ya, delegasi UI!

Para peserta di Asian Student’s Venture Forum | Foto: Humas dan KIP UI
info gambar

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini