Pertama di Indonesia, Rekomendasi Produk di E-Commerce

Pertama di Indonesia, Rekomendasi Produk di E-Commerce
info gambar utama
  • Tokopedia meluncurkan fitur baru bernama Tokopedia ByMe.
  • Melalui fitur ini, siapapun dapat menerima atau memberi rekomendasi produk.
  • Tokopedia ByMe diluncurkan pada 22 April bersamaan dengan memperkenalkan 13 Tokopedia ByMe Icon yang diambil dari kalangan selebriti dan tokoh publik.

Tokopedia pada Senin (22/4) lalu meluncurkan fitur baru bernama Tokopedia ByMe. Fitur yang pertama kali ada di Indonesia ini memungkinkan siapapun memberi dan mendapat rekomendasi produk favorit.

Baik pembeli maupun penjual dapat mengakses fitur ini. Ada pula Tokopedia ByMe Influencer, yang merupakan sebutan untuk siapapun yang merekomendasikan produk favoritnya di Tokopedia.

“Tokopedia ByMe memudahkan pembeli untuk mendapatkan barang rekomendasi dari role model mereka, baik public figure maupun orang terdekat seperti teman dan kerabat. Kami percaya bahwa rekomendasi dari lingkungan sekitar sangatlah penting dalam perihal membeli segala kebutuhan,” terang Business Tribe Lead for Category & Content Tokopedia, Cynthia Limin, dalam keterangan resminya.

BACA JUGA: Menyelisik Kerja Sama UI-Tokopedia tentang Kecerdasan Buatan

Fitur ini juga memungkinkan siapapun menjadi influencer dengan merekomendasikan produk favorit pilihan mereka dan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang terjadi di halaman profilnya.

Selain itu, Tokopedia ByMe juga membuka adanya ruang interaksi baru antara pembeli dengan role model atau orang kepercayaan yang merekomendasikan produk favorit.

“Jadi, siapapun bisa #MulaiAjaDulu! Memulai kurasi dan meraih pendapatan secara online tanpa modal sebagai influencer Tokopedia ByMe,” tambah Cynthia.

Di sisi lain, penjual lebih diuntungkan karena melalui Tokopedia ByMe, produk bisa dipromosikan secara lebih luas oleh Tokopedia ByMe Influencer.

Penjual juga bisa memasang komisi sesuai dengan keinginan mereka terhadap barang yang ingin mereka pasarkan di Tokopedia ByMe dan cukup membayarkan komisi ketika barang telah terjual.

Peluncuran fitur Tokopedia ByMe | Foto: Tokopedia
info gambar

Bersamaan dengan peluncuran Tokopedia ByMe, Tokopedia juga memperkenalkan 13 jajaran Tokopedia ByMe Icon, selebrita dan tokoh publik yang mewakili Tokopedia ByMe Influencer.

Mereka adalah Boy William, Arief Muhammad, Atta Halilintar, Jess No Limit, Jerome Polin, Tasya Farasya, Rachel Vennya, Ria Ricis, Salshabilla Adriani, Titan Tyra, Sandra Dewi, Cinta Laura, dan Jessica Iskandar.

Dua yang hadir di acara peluncuran hari ini, antara lain Cinta Laura Kiehl dan Arief Muhammad.

“Saya sangat antusias memanfaatkan Tokopedia ByMe. Melalui fitur ini, saya bisa merekomendasikan produk favorit pilihan saya dan berinteraksi dengan para fans dan follower yang suka dengan produk yang saya rekomendasikan,” kata Cinta Laura, di Tokopedia Tower.

BACA JUGA: Official Store Tokopedia: Belanja Merek Resmi Jadi Lebih Pasti

Arief Muhammad, seorang content creator ternama yang juga menjadi Tokopedia ByMe Icon, di sisi lain menjelaskan tentang produk apa saja yang ada di halaman profil ByMe-nya Tokopedia.

“Tokopedia ByMe memungkinkan saya merekomendasikan produk-produk dari kategori hobi yang memang saya minati, produk-produk yang mendukung saya dalam membuat konten. Ada kamera, drone, tripod, mainan unik yang menarik untuk di-review, dan sebagainya. Lewat halaman profil di Tokopedia ByMe, saya ingin menginspirasi anak muda lain bahwa berkreasi itu bisa dilakukan dengan lebih mudah dan terjangkau di era digital seperti ini, yang penting #MulaiAjaDulu,” ucapnya.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini