AIESEC dan Pemuda Surabaya Suarakan Komitmen untuk Dunia

AIESEC dan Pemuda Surabaya Suarakan Komitmen untuk Dunia

Dokumentasi AIESEC in Surabaya

Minggu pagi (28/4) AIESEC bersama pemuda di seluruh Surabaya melakukan parade untuk menyuarakan Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan ini bernama Walk 4 SDGs, diadakan di CFD Taman Bungkul Surabaya. Parade ini juga dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, salah satunya Adinda Putri, Miss Earth Indonesia 2018.

SDGs adalah 17 Global Goals yang dibuat oleh PBB untuk dunia yang lebih baik pada tahun 2030. AIESEC merupakan salah satu organisasi di bawah naungan PBB yang mendukung implementasi SDGs pada pemuda di dunia, yaitu Youth for Global Goals.

Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum turut berpartisipasi dalam kegiatan Walk 4 SDGs. Selain itu, duta mahasiswa mulai dari Robby dan Khansa, juara 1 Duta Gemarikan Jawa Timur 2019 mengedukasi masyarakat Surabaya untuk menjaga laut dan mengkonsumsi ikan.

Hal ini berkaitan dengan salah satu SDG, yaitu Life Below Water.

Parade Walk 4 SDGs di CFD Taman Bungkul Surabaya (28/4)
Parade Walk 4 SDGs di CFD Taman Bungkul Surabaya (28/4)

“Setelah mengikuti acara ini, aku dapat banyak ilmu tentang SDGs, khususnya dalam bidang lingkungan. Aku berharap acara Walk 4 SDGs bisa dilakukan lebih sering, kalau bisa 2-3 kali setahun,” kata Amanda, salah satu peserta, sambil tertawa. Menurutnya, hal sekecil apapun dapat berkontribusi untuk dunia di kemudian hari.

Berbeda dengan Amanda, Abid, mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Airlangga, yang juga merupakan peserta Walk 4 SDGs, mengatakan bahwa parade ini mengingatkan dirinya untuk mengurangi penggunaan sampah plastik.

Langkah ini bisa dimulai dari hal kecil namun berdampak besar, seperti tidak menggunakan sedotan plastik dan menghindari pemakaian kantong plastik saat belanja.

Masyarakat Surabaya turut menyuarakan komitmen untuk mengimplementasikan SDGs di kehidupan mereka sehari-hari sebagai pemuda, sesuai dengan tekad AIESEC yang percaya bahwa pemuda adalah kunci masa depan dunia.

Adinda Putri, Miss Earth Indonesia 2018 juga berpartisipasi dalam komitmen sebagai SDGs Agent by Youth
Adinda Putri, Miss Earth Indonesia 2018 juga berpartisipasi dalam komitmen sebagai SDGs Agent by Youth.

Mengenai AIESEC dan Walk for SDGs

AIESEC merupakan suatu organisasi pemuda internasional yang hadir di lebih dari 126 negara, salah satunya di Indonesia. Di Surabaya, AIESEC telah berdiri sejak tahun 2000 dan tersebar di lebih dari universitas.

AIESEC hadir sebagai platform pengembangan kepemimpinan pemuda melalui beragam program pertukaran seperti Global Volunteer, Global Entrepreneur, dan Global Talent.

Selain itu AIESEC juga turut mengembangkan pemuda di luar anggotanya melalui kegiatan aktivasi seperti Global Village, Impact Circle, dan beragam proyek sosial yang dapat diikuti oleh pemuda lokal dan asing.

Selain di Surabaya, pada bulan April ini AIESEC Indonesia menyelenggarakan kembali kegiatan kampanye Walk for SDGs di lokasi CFD (Car Free Day) bersama dengan 4 kota lainnya di Indonesia yang meliputi Bekasi, Solo, Jember, dan Purwokerto.

Walk for SDGs dihadirkan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat akan Sustainable Development Goals melalui kegiatan parade kreatif (long march) pemuda terbesar di Indonesia.

Selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk dukungan AIESEC terhadap program pemerintah dalam mengimplementasikan SDGs di daerah dan nasional.

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau25%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Di Paris, Dua Anak Bangsa Ini Menerima Penghargaan Mahar Schützenberger. Siapa Saja? Sebelummnya

Di Paris, Dua Anak Bangsa Ini Menerima Penghargaan Mahar Schützenberger. Siapa Saja?

Nangkadak, Buah Gabungan Nangka dan Cempedak Selanjutnya

Nangkadak, Buah Gabungan Nangka dan Cempedak

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.