USU Raih Peringkat Pertama di Indonesia versi Scimago Institutions Rankings

USU Raih Peringkat Pertama di Indonesia versi Scimago Institutions Rankings
info gambar utama
  • Universitas Sumatera Utara (USU) masuk dalam daftar dan menjadi Perguruan Tinggi (PT) peringkat pertama di Indonesia berdasarkan data yang dirilis oleh Scimago Institutions Rankings.
  • Tahun 2019 ini USU memperbaiki peringkatnya pada SIR dengan menjadi peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke-536 di dunia.
  • Pada ranking dua dan ketiga, ada Universitas Indonesia dan disusul oleh Institut Pertanian Bogor.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Scimago Institutions Rankings, Universitas Sumatera Utara (USU) masuk dalam daftar dan menjadi Perguruan Tinggi (PT) peringkat pertama di Indonesia. Ranking tersebut untuk tahun 2019. Pada tahun sebelumnya, USU sudah masuk di tiga besar.

“Tahun 2019 ini USU memperbaiki peringkatnya pada SIR dengan menjadi peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke-536 di dunia,” ujar Rektor USU, Prof Runtung Sitepu yang dikutip dari TribunNews.

Daftar ranking tersebut bisa dipantau dari situs https://www.scimagoir.com/rankings.php?country=IDN . Di situs tersebut akan terlihat urutan ranking perguruan tinggi di Indonesia dan dunia.

Daftar peringkat yang dirilis oleh Scimago
info gambar

Pada ranking dua dan ketiga, ada Universitas Indonesia dan disusul oleh Institut Pertanian Bogor.

Pada tahun 2019 ini USU naik 2 peringkat di tingkat nasional, dan naik 138 peringkat di tingkat dunia.

Ia juga berharap, hal ini dapat memacu untuk terus menjadi yang terbaik.

Prof. Runtung mengatakan, ada beberapa faktor pendorong hingga meraih peringkat pertama perguruan tinggi Indonesia tersebut, seperti karena adanya peningkatan kinerja lembaga penelitian.

Selain itu, faktor pendorong USU sebagai universitas dengan ranking pertama adalah adanya produk inovasi yang terus dihadirkan USU, juga publikasi ilmiah.

“Ini merupakan salah satu pemacu agar terus bersemangat memberikan yang terbaik dan terus berinovasi tentunya,” katanya.

Ia juga berharap dapat masuk ke dalam daftar ranking lainnya, seperti Quacquarelli Symonds (QS) Ranking.

Metodologi yang digunakan SIR

Menurut situs resminya, The SCImago Institutions Rankings (SIR) adalah lembaga pemeringkatan yang menggabungkan tiga indikator yang berbeda, yakni berdasarkan kinerja penelitian, hasil inovasi, dan dampak sosial yang diukur dengan visibitas web mereka.

Indikator tersebut dibagi menjadi tiga kelompok yang dimaksudkan untuk mencerminkan karakteristik ilmiah, ekonomi, dan sosial lembaga. Indikator tersebut mencakup "size-dependent" dan "size-independent". Dengan cara ini, SIR menyediakan statistik keseluruhan dari publikasi ilmiah dan hasil lain dari lembaga.

Score Indicator dari SIR (sumber : https://www.scimagoir.com/methodology.php )
info gambar

Sumber : https://www.scimagoir.com/methodology.php
info gambar

--

Sumber : TribunNews, Intisari Online, Scimagoir.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini