Segudang Manfaat Bendungan Sindang Heula

Segudang Manfaat Bendungan Sindang Heula
info gambar utama
  • Bendungan Sindang Heula di Banten proses pembangunannya mencapai 98%.
  • Nantinya, bendungan ini akan memiliki segudang manfaat.
  • Selain untuk irigasi, juga sebagai destinasi wisata.

Tak lama lagi Bendungan Sindang Heula di Serang, Banten, akan segera rampung. Bendungan yang dibangun sejak 2015 ini pembangunannya telah mencapai 98%, dan nantinya memiliki segudang manfaat bagi warga setempat.

Selayaknya bendungan pada umumnya, manfaat utama dari Bendungan Sindang Heula ini untuk mengairi areal persawahan. Dilansir dari PR Newswire, Bendungan Sindang Heula ditargetkan dapat mengairi wilayah Serang dan Cilegon hingga 1.000 hektare, sehingga petani bisa memproduksi sawahnya hingga 3x dalam setahun.

"Pembangunan bendungan ini dilakukan guna menyukseskan target Indonesia sebagai lumbung pangan dunia di tahun 2045 dan mendukung penyediaan tampungan air Indonesia dalam visium 2030," ujar Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cidanau, Ciujung, dan Cidurian, Tris Raditia.

BACA JUGA: Ini Dia Calon Bendungan Tertinggi di Indonesia!

Selain memperluas sistem irigasi sawah, Bendungan Sindang Heula juga bermanfaat untuk mengurangi dampak bencana alam, membantu ketahanan energi, dengan sumber yang terbarukan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Sungai dan Pantai, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ir. Jarot Widyoko.

Bendungan ini dapat mengurangi dampak bencana karena mampu menampung banjir sebesar 1,5 juta m3. Dengan luas genangan 129 hektare, bendungan ini juga akan menyuplai air baku 0,8 m3 per detik, sekaligus berpotensi menggerakkan listrik berkekuatan 0,4 megawatt melalui Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

Pemanfaatan listrik dari energi terbaharukan akan berkontribusi dalam ketahanan energi nasional, khususnya untuk keberlanjutan pengelolaan bendungan yang ramah lingkungan.

Bendungan Sindang Heula di Serang, Banten | Foto: PR Newswire
info gambar

Potensi pariwisata juga turut diperhatikan dalam pembangunan Bendungan Sindang Heula. Keputusan ini sesuai dengan himbauan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, bahwa lanskap Bendungan Sindang Heula akan dikembangkan menjadi areka dengan daya tarik wisata.

“Pariwisata nanti akan agak ke hulu, karena kalau di dekat daerah bendungan ini nanti kita kan harus menjaga keamanan dan keberlangsungan perawatan bendungan. Pariwisata akan kita tempatkan ada zonanya khusus dekat dengan akses jalan," terang Tris melanjutkan.

Nanti kita tanam benih ikan di area bendungan untuk tingkatkan pariwisata. Pengambilannya pun dengan pemancingan agar tidak merusak kualitas air. Dengan mengembangkan area sekitar bendungan sebagai obyek wisata, masyarakat dapat mengembangkan bisnis di tempat rekreasi sehingga mendorong perekonomian masyarakat lokal," pungkasnya.

BACA JUGA: Sinbad Sang Penjaga Bendungan Indonesia

Sumber: PR Newswire

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini