Ungkapan Merry Riana Tentang Pendidikan di Indonesia

Ungkapan Merry Riana Tentang Pendidikan di Indonesia
info gambar utama

Pendidikan memanglah sebuah hal wajib bagi semua orang. Hal inilah yang mewajibkan anak-anak Indonesia harus mendapatkan pendidikan yang layak.

Namun ketika seseorang fokus terhadap pendidikan, banyak orang tua yang memaksakan seorang anak untuk mendapatkan nilai yang baik, harus lulus dengan nilai sempurna bahkan juara pertama di kelasnya.

Hal inilah yang membuat pendidikan terkesan menjadi salah kaprah yang akhirnya sang anak menjadi stres dan gagal dalam ujian.

Dalam komunitas Semua Murid Semua Guru (30.4), Najeela Shihab mengungkapkan bahwa kini pendidikan disalahartikan oleh banyak orang.

Pendidikan adalah tanggung jawab guru dan pemerintah, kenapa? Padahal, pendidikan tidak hanya dari pemerintah dan guru, orang tua pun termasuk pendidik utama anak-anak Indonesia.

Hal ini pun sempat diungkapkan oleh Miss Merry Riana yang merupakan seorang entrepreneur, influencer, and educator. Bagi wanita sejuta dolar ini, ia mengaku sangat miris ketika melihat fenomena anak-anak Indonesia ketika menanggapi hasil ujian mereka yang gagal.

Seperti yang kita tahu, Ms. Merry Riana selalu mengatakan bahwa kegagalan bukanlah sebuah kesalahan namun adalah sebuah proses bagaimana ia mampu untuk bangkit dari kegagalan tersebut.

Hal inilah yang membuat Ms. Merry sangat prihatin dengan mindset anak-anak masa kini yang langsung menyerah bahkan mengorbankan dirinya hanya karena gagal dalam ujian. Pendidikan karakter inilah yang terus digalakan oleh Ms. Merry untuk membentuk anak-anak Indonesia.

Dengan menjadi konten kreator, Ms. Merry memanfaatkan dunia digital untuk menjadi media antara dirinya dengan anak-anak di Indonesia. Seperti yang kita tahu, media sosial bahkan YouTube merupakan sasaran empuk anak-anak milenial untuk menyerap semua yang ingin mereka cari.

Berfokus pada YouTube inilah, Ms. Merry sangat fokus untuk menciptakan konten-konten positif sebagai media yang mampu memperbaiki karakter anak-anak Indonesia.

Bahkan di Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei lalu melalui laman YouTube-nya, Ms. Merry berpesan untuk anak-anak Indonesia yang kini tengah menghadapai ujian kenaikan kelas.

“Yang orang tua kamu mau itu bukanlah hasil akhir sebenarnya, tapi bagaimana kamu bisa bertumbuh dalam prosesnya” ujar Ms Merry di video Ketika Kamu Cemas Menghadapi Ujian.

Menurutnya, terkadang ketika seseorang mempertanyakan tentang pendidikan pastilah berhubungan dengan yang namanya nilai. Padahal, bukanlah nilai yang diutamakan tetapi bagaimana seorang anak bisa mengerti akan pembelajaran tersebut.

Inilah yang membuat Ms. Merry berkontribusi dalam pendidikan melalui sekolah pengembangan diri yang telah Ms. Merry buat pada tahun 2012 lalu dan laman YouTube-nya yang selalu berisi konten-konten positif.

Sumber: Media gathering Semua Murid Semua Guru

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CD
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini