Inisiatif Badan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Ubah Minyak Goreng Bekas Pakai Menjadi Se

Inisiatif Badan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Ubah Minyak Goreng Bekas Pakai Menjadi Se
info gambar utama

Badan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan telah mengumpulkan minyak goreng bekas dari rumah tangga dan mengubahnya menjadi sedekah.

Badan tersebut bekerja sama dengan Yayasan Rumah Sosial Kutub untuk mengambil minyak goreng bekas di dalam jerigen di seluruh kota, di mana orang bisa menyumbangkan minyak goreng bekas mereka daripada membuangnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Jakarta Selatan Enrile Indro Prasetyo mengatakan minyak goreng bekas yang dikumpulkan akan dijual kepada perusahaan yang membutuhkannya untuk memproduksi bahan bakar.

"Keuntungan dari penjualan minyak akan digunakan untuk program sosial bagi orang miskin, anak yatim, dan lainnya," kata Enrile pada hari Selasa, seperti dikutip oleh wartakota.tribunnews.com, menambahkan bahwa penduduk harus berpartisipasi dengan mengumpulkan minyak goreng bekas mereka di rumah mereka.

Warga yang berpartisipasi dalam inisiatif tersebut | Foto: Feryanto Hadi / Warta Kota
info gambar

“Saya berharap kita bisa mendistribusikan [jerigen tersebut] ke semua gedung administrasi kota, ke setiap Rukun Tetangga [RT], dan Rukun Warga [RW], sehingga warga dapat menyumbangkan minyak goreng bekas mereka dari rumah mereka,” kata Enrile.

Dia mengatakan warga biasanya hanya membuang minyak goreng bekas mereka. Namun, minyak dapat digunakan dalam industri biodiesel untuk menghasilkan bahan bakar.

“Selama ini banyak orang tidak tahu ada pabrik yang menggunakan minyak goreng untuk membuat bahan bakar. Daripada hanya membuangnya, akan lebih baik jika kita mengumpulkan minyak goreng bekas dari rumah, dan kemudian menjualnya ke pabrik-pabrik biodiesel, dan keuntungannya bisa digunakan untuk program sosial,” kata Enrile.


Sumber: Jakarta Post

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

VA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini