Mahasiswa UI Raih Juara Tiga pada Kompetisi Robot Bawah Laut Tingkat ASEAN

Mahasiswa UI Raih Juara Tiga pada Kompetisi Robot Bawah Laut Tingkat ASEAN
info gambar utama

Mahasiswa asal Universitas Indonesia (UI) berhasil raih juara satu tingkat Asia Tenggara pada Ajang yang bernama The 3rd ASEAN MATE Underwater Robot Competition. Mereka yang tergabung dalam Autonomous Marina Vehicle Team UI (AMV UI) membuat sebuah terobosan robot bawah laut, yakni Robot Makara 08 Mark II.

Robot tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi korban kapal tenggelam, pencarian puing-puing yang tenggelam, memudahkan proses pekerjaan inspeksi lambung kapal, dan pekerjaan yang sulit dilakukan oleh manusia.

Kemenangan pada ajang yang berlangsung 4-5 Mei 2019 di Surabaya membuat AMV UI langsung mewakili Indonesia di tingkat ASEAN untuk berkompetisi pada MATE ROV Competition yang diselenggarakan di Kingsport Tennessee, Amerika Serikat, pada bulan Juni mendatang.

Robot tersebut adalah robot bawah laut yang dapat menyelam dengan kedalaman 5 meter dan mampu bertahan selama 30 menit dalam air.

Tim Robot Makara 08 Mark II sukses menuntaskan misi inspeksi waduk dan reparasi, riset saluran air bersih dan mendeteksi miniatur meriam pra-sejarah.

Robot tersebut memiliki kemampuan image processing secara automatis sehingga memudahkan pilot untuk mengidentifikasi biota bawah laut. Robot ini juga memiliki sensor suhu dan ph, serta memiliki posisi truster yang memudahkan pilot dalam memiringkan posisi ROV.
--
Sumber : Surabayapagi

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini