Grebek Kampung, Ajang Berbagi Ke Pelosok Desa

Grebek Kampung, Ajang Berbagi Ke Pelosok Desa
info gambar utama

Tebar Berkah Ramadhan merupakan upaya Dompet Dhuafa untuk dapat berkontribusi bagi masyarakat dalam mengimplementasikan beberapa program, yang diharapkan dapat memberi kebahagiaan bagi masyarakat luas, mustahik utamanya.

Salah satu Program Ramadhan Dompet Dhuafa adalah Grebek Kampung. Hari pertama Grebek Kampung untuk Jabodetabek, digelar di Desa Rabag-Rumpin, Parung, Kabupaten Bogor, Sabtu (11/5).

Ketua Program Ramadan 1440 H Dompet Dhuafa, Haryo Mojipahit menjelaskan, "Kegiatan ini salah satu bentuk upaya gotong royong dan saling berbagi kepada sesama umat beragama, terutama bagi mereka menjalankan ibadah puasa".

"Kegiatan ini untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf, serta dana lain halal dan legal, baik dari perorangan, kelompok, maupun perusahaan/lembaga", lanjut Haryo Mojopahit.

Setidaknya akan ada 114 kampung di seluruh Indonesia, yang akan "digrebek" oleh Dompet Dhuafa, di mana kampung-kampung itu telah diseleksi yang memang mayoritas masyarakatnya mustahik.

Untuk wilayah Jabodetabek sendiri ada dua kampung yang akan digrebek, yakni di wilayah Bogor dan Karawang.

Grebek Kampung juga sebagai bentuk pemupuk rasa persaudaraan dan gotong royong yang sudah mulai memudar di masyarakat Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia.

Salah satu bentuk gotong royong yang dilakukan dalam Grebek Kampung yaitu menu berbukanya akan dimasak bersama langsung oleh ibu-ibu di sekitar titik lokasi berbuka, dan setelahnya dimakan bersama dengan masyarakat sekitar.

Tentu dengan adanya sikap gotong royong tersebut dapat memberikan virus kebaikan kepada sekitar, sehingga masyarakat terpanggil untuk berlomba berbuat kebaikan, terkhusus di bulan Ramadan kali ini.

Berbagai kegiatan yang menjadi agenda dalam memeriahkan Grebek Kampung antara lain adalah Kegiatan Aksi Layanan Sehat Gratis, Layanan Cukur Gratis, ngeCAT Bareng Musholla, Belajar Bela Diri, Lomba Anak Kreatif, Lomba Anak Sholeh, Story Telling , Safari Dakwah, Dapur Keliling, Berbuka Bersama, Pasar Berkah, dan Santunan Yatim dari berbagai komunitas.

Dompet Dhuafa mengajak masyarakat #jangantakutberbagi untuk terus Tebar Berkah Ramadan dan Jangan Takut Berzakat melalui Program Ramadhan 1440 H antara lain Sekolah Palestina, Tebar Zakat Fitrah, Grebek Kampung, Parcel Ramadan, Posko Mudik, Home Stay, dan Sahabat Berbagi Harapan di Ramadan tahun ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

BK
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini