5 Kota Terdingin di Indonesia

5 Kota Terdingin di Indonesia
info gambar utama

Seperti kita ketahui, sebagian besar kota di Indonesia cenderung terasa panas. Ini salah satu konsekuensi dari negara yang dikenal dengan sebutan "Negara Khatulistiwa".

Namun ternyata ada beberapa kota yang justru memiliki suhu yang dingin. Seperti dilansir dari laman Skyscanner berikut 5 kota terdingin di Indonesia:

Kota Mulia | Foto: ediginting.com
info gambar

Mulia, Puncak Jaya, Papua

Mulia merupakan kota pegunungan kecil yang terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Meski kecil, Mulia cukup ramai dengan kehadiran banyak kantor pemerintahan. Jalan-jalan juga sudah beraspal dan infrastruktur pendukung pun sudah memadai walau jumlahnya masih sedikit.

Berastagi, Karo, Sumatra Utara

Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Berastagi memiliki udara yang cukup dingin. Diapit oleh Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung, Berastagi memiliki pemandangan yang memikat, seperti Air Terjun Sikulikap.

Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) di Padang Panjang | Foto: Hatta Rizal
info gambar

Padang Panjang, Padang, Sumatra Barat

Terletak 650 hingga 950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang memiliki udara yang cukup dingin. Tiga gunung mengelilingi Padang Panjang, yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat.

Tak heran jika Padang Panjang memiliki cuaca yang sejuk. Curah hujan di sini cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm per tahun dan suhu udara terendah 21.8 derajat Celcius.

Kota Ruteng di Manggarai, NTT | Foto: tenda.biz
info gambar

Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT)

Berlokasi di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut, Ruteng memiliki udara yang cukup dingin. Ruteng juga menjadi istimewa karena memiliki pemandangan seperti di Praha dengan bangunan yang bergaya Eropa. Selain itu, Ruteng memiliki area persawahan yang masih lebar dan hijau serta pemandangan gunung yang indah.

Gayo Lues, Aceh

Sebagai kabupaten terisolasi di Aceh, Gayo Lues terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Gayo memiliki pesona yang luar biasa seperti jalur pendakian ke Gunung Leuser dan pemandian air panas di Puri Betung.

Selain itu, kabupaten ini merupakan penghasil sayur dan buah terbaik di Aceh. Namun, Gayo Lues paling dikenal sebagai penghasil Kopi Gayo yang telah mendunia.

Nah, bagaimana Kawan GNFI, apakah kamu punya rekomendasi kota terdingin lainnya?

Edit: mengubah Sibayah menjadi Sibayak

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
AI
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini