Indonesia Bersiap Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

Indonesia Bersiap Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023
info gambar utama

Indonesia berkomitmen dan siap menjadi salah satu tuan rumah menggelar kejuaraan dunia bola basket pada tahun 2023 di Jakarta. Hal ini terlihat setelah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan Sekjen FIBA (Federation Internationale de Basketball/Federasi Bola Basket Internasional), Andreas Zagklis di Jenewa, Swiss.

Pada kesempatan yang sama saat JK mengunjungi Swiss, JK juga bertemu dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mendiskusikan kesiapan Indonesia jadi calon tuan rumah Olimpiade 2034.

Di Swiss JK bersama dengan rombongan, yakni Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, Wakil Menteri Luar Negeri, Abdurrahman M Fachir, dan Wakil Tetap RI di Jenewa, Hasan Kleib. JK diterima Andreas Zagklis, Sekjen FIBA, Patrick Mariller, Chief Financial Officer, dan Michel Filliau, Special Advisor to FIBA Secretary General. Selain itu, Erick Thohir yang merupakan anggota FIBA Central Board juga ikut hadir.

Jakarta akan menjadi salah satu pilihan tuan rumah kejuaraan dunia Basket yang pertama kali digelar tahun 1950 itu bersama dua kota Asia lainnya, Manila (Filipina) dan Okinawa (Jepang). Kejuaraan dunia basket di tahun 2023, pecinta bola basket di Tanah Air dapat melihat langsung bintang-bintang basket dunia berlaga di Jakarta.

CLS Knights Raih Juara di ASEAN Basketball League 2019(Sumber : Okezone)
info gambar

"Serupa ketika Wapres Jusuf Kalla ke IOC, pertemuan dengan FIBA ini juga untuk menunjukkan kesiapan, keseriusan, dan dukungan yang diberikan pemerintah dalam setiap kegiatan olahraga internasional yang berlangsung di Indonesia. Apalagi ini kali pertama Jakarta menjadi tuan rumah kejuaraan dunia basket sehingga ajang ini sangat bergengsi," kata Erick yang dikutip dari BeritaSatu.

"Perlu diketahui, bola basket merupakan olahraga beregu nomor satu di ajang Olimpiade. Jadi respons FIBA sangat positif, ketika mengetahui bahwa pemerintah kita mendukung kejuaraan dunia di Jakarta. Mereka juga memberikan dukungan penuh keinginan kita menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, sekaligus berharap agar kesuksesan pelaksanaan Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA 2023 menjadi show case atau acuan bagi IOC dalam menentukan tuan rumah Olimpiade 2032 di sidang IOC tahun 2024," ungkapnya

Melalui Perbasi, Ketua Komite Olimpiade Indonesia juga mengatakan Indonesia akan menyiapkan timnas basket yang tangguh untuk dapat bersaing di kejuaraan dunia 2023 nanti.

--

Sumber : BeritaSatu, Okezone

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini