UPH Juara 3 Kompetisi Basket 3x3 se-Asia

UPH Juara 3 Kompetisi Basket 3x3 se-Asia
info gambar utama
  • Tim basket putra UPH raih juara 3 di kompetisi 3x3 antar-universitas se-Asia.
  • UPH hanya kalah dari Mon-Altius Physical Education Institute (Mongolia), dan Fu Jen Catholic University (Taiwan).
  • Gelar ini semakin menambah deretan prestasi internasional UPH di ajang basket.

Tim basket Universitas Pelita Harapan (UPH) di Asian University Championship (AUC) 2019, sukses menyabet juara 3. Di turnamen 3x3 antar-universitas se-Asia pada 8-11 Mei 2019 tersebut, tim yang bernama UPH Eagles Basket ini hanya kalah dari Mon-Altius Physical Education Institute (Mongolia) di peringkat 1, dan Fu Jen Catholic University (Taiwan) di urutan kedua.

Dalam empat laga penyisihan, perolehan skor Tim Eagles Putra Basket 3x3 adalah sebagai berikut:

UPH vs Fu Jen University-Chinese Taipei: 19 – 17

UPH vs University of Macau: 21 -16

UPH vs San Pedro College: WO

UPH vs Culture University of Hongkong: 21-12

Di semi-final, UPH berhadapan dengan Mon-Altius Mongolia dengan skor 17-18 (OT), dan pada babak final UPH mencatatkan skor 16-13 kontra NNCU (Taiwan).

BACA JUGA: Indonesia Bersiap Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

“Kita bermain baik saat tadi melawan Hong Kong, selanjutnya pada babak final four menghadapi Mongolia tentunya kita akan memberikan yang terbaik agar bisa mengalahkan mereka,” kata pelatih tim basket 3x3 Indonesia, Stephen Metcalfe, dalam rilis pers yang diterbitkan UPH

Menurut Coach Met, timnya harus mewaspadai kecepatan dari para pebasket Mongolia yang di atas rata-rata.

“Pergerakan mereka juga sangat rapi jadi kita harus hari-hati, tapi postur kita lebih besar hal itu harus kita manfaatkan dalam 3x3,” lanjut Coach Met.

Tim UPH Eagles Basket putra dan putri | Foto: UPH
info gambar

Tim basket 3x3 UPH terdiri dari Rivaldo Tandra Pangesthio (Manajemen 2014), Erick Jonathan Gosal (manajemen 2015), Patrick Nikolas (Manajemen 2016), dan Muhammad Arighi (Food Technology 2017). Keempatnya saling bahu-membahu membawa Indonesia keluar sebagai juara Asia, agar bisa lolos ke Kejuaraan 3x3 Universitas Tingkat Dunia atau World University League.

BACA JUGA: Sepatu Basket yang Serba Pertama untuk Indonesia

Sayangnya, prestasi yang ditorehkan tim putra belum mampu disamai oleh tim putri

Yang. Mereka gagal melangkah ke ke babak final four.

“Sempat menang lawan Macau dan Hong Kong, tapi sayang kalah lawan Chinese Taipei (Taiwan) dan Cina, jadi untuk tahun ini belum ke final four, kata asisten pelatih, Cesar Wilhelem.

Prestasi ini menambah sederet prestasi internasional UPH di cabang olahraga basket, di antaranya peringkat 8 pada 2nd Asian University 3x3 Basketball Championship di Macau 2016, peringkat 5 di 3rd Asian University 3x3 Basketball Championship di Malaysia 2017, dan peringkat 10 dunia pada 3x3 Basketball World University League di Xiamen, China.

Selanjutnya, tim basket UPH terus mempersiapkan diri untuk kompetisi yang akan dating di Liga Mahasiswa (LIMA) Jakarta pada Juli 2019, dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional di bulan September 2019.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini