Jemunak, Makanan Lezat yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Jemunak, Makanan Lezat yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan
info gambar utama

Di bulan Ramadhan banyak makanan-makanan pembuka puasa khas daerah hanya ada pada bulan suci ini, salah satunya adalah Jemunak.

Jemunak adalah makanan pembuka puasa berbentuk bubur kenyal manis dan memiliki rasa manis dari cairan gula yang disebug kinco. Makanan ini terbuat dari bahan dasar ketela, beras ketan, gula merah dan kelapa. Adonan jemunak juga terbuat dari terigu ketela dan ketan.

Siraman gula merah di atas jemunak (sumber :MOTIVASInews.com)
info gambar

Makanan ini memang terlihat sederhana, namun dalam membuatnya membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Beras ketan dan ketela sebagai bahan dasar diparut atau dihaluskan harus dimasak dalam tempat yang berbeda. Setelah matang, kedua bahan ini dicampur dan ditumpuk hingga lembut lalu dimasak lagi hingga matang. Siraman gula merah dan taburan parutan kelapa membuat makanan yang konon berasal dari Magelang, Jawa Tengah ini terasa gurih, manis dan enak.

Proses pembuatan jemunak kebanyakan masih menggunakan peralatan tradisional dengan kompor kayu bakar sehingga membuat rasa jemunak semakin nikmat

Jemunak yang memang sudah ada dari zaman dahulu masih digemari oleh banyak orang dan tersebar di beberapa wilayah di Jawa Tengah, salah satunya di Salatiga. Harganya yang murah, serta rasanya yang mampu memanjakkan lidah membuat makanan yang konon mampu membuat badan kembali segar setelah seharian puasa ini selalu diburu setiap bulan Ramadhan

Sumber artikel :

Detik | Tribun Jogja | Merdeka

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini