Menristekdikti Dorong Politeknik Pariwisata di Labuan Bajo

Menristekdikti Dorong Politeknik Pariwisata di Labuan Bajo
info gambar utama

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mendorong adanya optimalisasi sumber daya pariwisata di Labuan Bajo. Hal itu disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Timur, Sabtu (25/5) dan Ahad (26/5).

Nasir menuturkan, potensi wisata kawasan Labuan Bajo tak kalah dengan Pulau Dewata Bali. Namun, sarana prasarana serta SDM-nya harus ditingkatkan. Oleh sebab itu, ia mengatakan, pemerintah mendorong berdirinya Politeknik di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk terwujudnya kawasan Labuan Bajo menjadi 'The New Bali', Nasir beranggapan butuh sinergi lintas kementerian. Penyiapan infrastruktur dan SDM bisa berjalan selaras dan beriringan.

Foto: Poltekelbajo.ac.id
info gambar

"Saya sudah sampaikan kepada Menteri Pariwisata bagaimana kita berkolaborasi karena kalau tidak akan susah mendorong. Infrastrukturnya harus kita siapkan, sumber daya harus kita siapkan mudah-mudahan sukses," kata Nasir saat menyerahkan SK Prodi Akuntansi Perpajakan Politeknik El Bajo Commodus (25/5/2019).

Ia mengatakan, keberadaan Politeknik pariwisata seperti El Bajo Commodus amat penting. Kebutuhan tenaga kerja pariwisata yang cakap, terampil dan profesional bisa terpenuhi dari para lulusannya. Sehingga tercipta link and matchantara politeknik dan industri pariwisata di sana.

"Pada saat saya berkunjung di tahun 2017 itu saya ingin mengecek lokasi diperintahkan Bapak Presiden Jokowi yaitu mengembangkan 'The New Bali', diantaranya Labuan Bajo dan Wakatobi,” ujar menteri Nasir.

Labuan Bajo. Foto: Indonesia.travel/Shutterstock
info gambar

“Mengapa politeknik pilihannya, dan bukan Universitas? Jawabannya adalah 'karena Politeknik dapat menyiapkan tenaga kerja profesional, dan ini yang akan dibutuhkan dalam waktu yang singkat ini," ujarnya menambahkan.

Selanjutnya, Nasir menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM Indonesia demi membangun ekonomi Indonesia makin baik dan sejahtera. Ia meminta pemerintah Kabupaten Manggarai dan Gereja Katolik Keuskupan Ruteng untuk memberikan perhatian yang serius dalam kemajuan dunia pendidikan di daerah itu ke depan.


Sumber: Kompas.com | Republika

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Indah Gilang Pusparani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Indah Gilang Pusparani.

Terima kasih telah membaca sampai di sini