Beberapa Hal yang Selalu Membuat Rindu Ramadan di Indonesia

Beberapa Hal yang Selalu Membuat Rindu Ramadan di Indonesia
info gambar utama

Bulan ramadan adalah bulan yang istimewa, bukan untuk masyarakat yang beragama muslim saja namun juga semua orang yang beragama lain merasakan sesuatu yang spesial. Meskipun hanya setahun sekali, bulan ini selalu dirindukan oleh banyak orang. Tak sedikit orang yang akan bersedih ketika bulan ramadan akan berakhir. Ramadan adalah bulan yang akan selalu dirindukan. Selain berpuasa, ada beberapa hal yang akan seterusnya diingat dan ingin cepat-cepat kembali ke bulan suci ini.

Sumber : Bawean.net
info gambar

1. Anak-anak keliling komplek/kampung untuk bangunkan Sahur
Meski sama-sama waktu berpuasa, puasa ramadan berbeda dengan puasa senin-kamis. Anak-anak kecil dari tetangga sekitar akan membangunkan sahur dengan cara memukul kentongan, ember, tiang, dan teriakan. Meski terkadang menjengkelkan, tapi kurang afdhol jika tidak ada ini ketika sahur.

Sumber : fimela
info gambar

2. Petasan dan Kembang Api
Setelah berbuka puasa, biasanya kita bersiap-siap pergi ke masjid sekitar rumah melakukan ibadah sholat tarawih. Tetapi terkadang beberapa anak-anak kecil tetangga sekitar tidak ikut sholat tarawih, namun mereka menyalakan kembang api atau bahkan petasam. Tak jarang orang yang mendengar petasan tersebut merasa kaget dengan suaranya.

Hasil gambar untuk minuman sirup
info gambar

3. Iklan Sirup yang berseri
Belum lengkap jika iklan sirup belum muncul di televisi. Bahkan iklan ini sudah tayang lebih dulu sebelum puasa ramadan dimulai dan lebaran sebelum idul fitri tiba. Iklan ini akan tayang disiang hari, hal ini terkadang membuat kita merasa tergoda untuk membatalkan puasa.

Hasil gambar untuk menonton tv
info gambar

4. Bersama-sama menonton Kultum di televisi
Acara kerohanian ini biasanya tayang di televisi sekitar 10-15 menit sebelum azan magrib. Setiap anggota keluarga akan duduk manis menyaksikan kultum sambil menunggu datangnya waktu berbuka.

Sumber : antara
info gambar

5. Berbuka dijalan
Kota-kota besar di Indonesia saat ini harus menghadapi kemacetan setiap jam pulang kantor. Hal ini juga terjadi ketika ramadan. Para pekerja pun menjadi korbannya dan akhirnya mereka harus berbuka puasa di jalan sambil bermacet-macetan. Beberapa diantara mereka akan menepi dan mencari masjid terdekat untuk berbuka puasa dan sholat magrib.

Sumber : pedomanbengkulu
info gambar

6. Buka puasa di Masjid & persiapannya
Banyak orang akan pergi ke masjid terdekat atau masjid yang populer di daerahnya untuk menikmati suasana lebaran dan berbuka puasa bersama di masjid itu. Hidangan yang akan mereka terima biasanya 3 biji kurma, air minum/teh hangat, nasi bungkus/nasi kotak. Setelah memakan hidangan berbuka ini, rasanya seperti keberkahan masuk ke dalam diri kita.

--

Diambil dari berbagai sumber

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini