Menulis adalah Hasrat Terbesarku karena Delapan Fakta Ini

Menulis adalah Hasrat Terbesarku karena Delapan Fakta Ini
info gambar utama

Tak menyangka juga bahwa tiga tahun lalu, saya mencoba sesuatu yang baru yaitu menulis. Bermula dari rasa jenuh di kantor, membuat saya mencari kegiatan lain, demi meminimalisir kejenuhan. Hingga pada akhirnya, pilihan jatuh pada kegiatan menulis, yang saya lakukan hingga detik ini.

Alhasil waktu itu saya pun mulai memikirkan, bagaimana caranya agar aktivitas menulis bisa saya tekuni dengan fokus. Mulai mencari komunitas, mengikuti berbagai pelatihan kepenulisan, dan mencoba turut serta dalam lomba. Meskipun rasa tidak percaya diri lebih besar daripada hasrat mencobanya.

Namun alhamdulillah pada akhirnya, saya merasakan manfaat serta beberapa fakta menarik seputar dunia menulis. Hingga membuat saya menyadari, bahwa menulis sekarang sudah menjadi bagian dari hidup ini.

Update ilmu

Menulis membuat saya harus meng-update ilmu setiap hari. Harus banyak membaca dan menyimak hal-hal baru yang terjadi. Sebab hal tersebut menjadi salah satu cara, untuk mendapatkan ide dari sebuah tulisan. Tak kalah penting juga update ilmu tentang kepenulisan, agar karya tulis semakin mengalami peningkatan kualitas.

Detil

Percaya atau tidak, menulis mengharuskan saya menjadi seseorang yang lebih teliti dan detil. Hal ini dikarenakan, sebelum mem-posting atau mem-publish karya tulis, saya harus terlebih dahulu memeriksa ejaan, struktur bahasa, kosakata, dan rasa dari tulisan tersebut agar bisa dinikmati semua orang yang membacanya.

Berbagi manfaat

Ternyata dengan menulis, saya juga bisa berbagi manfaat lho. Misalnya ketika saya menulis tentang tips kesehatan atau finansial. Alhasil tulisan tersebut, dapat menjadi salah satu inspirasi bagi orang lain, untuk melakukan hal yang saya sampaikan.

Kreatif

Menulis juga mengharuskan saya untuk berpikir kreatif. Terlebih jika tulisan mengarah pada jenis fiksi, yang mayoritas berisi imajinasi. Mau tidak mau melatih saya untuk bermain imajinasi, yang tak semua orang mampu melakukannya. Bahkan sampai saat ini, jujur saya masih berusaha keras untuk bisa menulis genre fiksi ini.

Get a money

Hmmm, ini nih yang menarik. Fakta membuktikan bahwa menulis juga bisa mendatangkan uang. Apalagi jika sudah fokus menjalaninya. Sudah banyak sekali contoh penulis dan blogger yang berpenghasilan fantastis dari menulis. Saya pun sudah pernah beberapa kali merasakan penghasilan dari menulis. Tetapi harus disadari, bahwa hal ini tentunya diawali dengan kerja keras, dan konsisten melakukannya.

Menyehatkan

Percaya atau tidak bahwa ternyata menulis juga bisa berdampak baik bagi kesehatan. Terutama kesehatan otak. Sebab dengan menulis saya diharuskan untuk terus mengasah otak, berpikir kreatif, dan mencari ide-ide untuk membuat sebuah tulisan. Kinerja otak pun akan terstimulasi dengan baik.

Bersosialisasi

Setelah menekuni dunia menulis, saya jadi memiliki lebih banyak teman lho. Sebab ketika memasuki sebuah komunitas, saya tergabung dan berkomunikasi dengan teman-teman baru yang memiliki kesamaan minat. Meskipun hanya berjumpa di dunia maya, anggota dalam komunitas selalu saling berbagi ilmu dan semangat, demi kesuksesan bersama.

Lebih peka

Tak jarang saya mendapat ide menulis dari melihat dan mendengar dari kejadian sekitar. Lalu mengemasnya menjadi sebuah artikel tips yang bermanfaat, atau cerita fiksi.

Hal ini membuat saya menjadi lebih peka, dan belajar banyak dari kejadian-kejadian tersebut. Tentunya hal ini akan membuat saya berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Setelah beberapa lamanya hanya iseng menjalaninya, kini saya menjadi lebih paham, bahwa menulis tak hanya sekedar menggoreskan pena dan membentuk kata-kata. Tanpa disadari banyak fakta menarik di dunia menulis yang sangat bermanfaat.

Jadi apa yang akan saya lakukan? Well, saya akan terus bertahan, mengasah ilmu, dan berani mengatakan bahwa menulis adalah bagian dari hidup saya. Akan terus saya lakukan, selama masih bisa menghasilkan karya terbaik, dan bermanfaat bagi sesama.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NP
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini