6 Pemuda Pelopor dari Jakarta Pusat Siap Menuju Nasional

6 Pemuda Pelopor dari Jakarta Pusat Siap Menuju Nasional

© Purna Pelopor Jakarta Pusat

Seleksi Pemuda Pelopor tingkat Provinsi DKI Jakarta 2019 telah dilaksanakan selama 1 hari penuh pada tanggal 27 April 2019 yang bertempat di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi DKI Jakarta.

Dilanjutkan dengan sesi Fact Finding (Tinjauan Lapangan) pada tanggal 29 April hingga 2 Mei 2019 di wilayah kepeloporan peserta. Seleksi kali ini sama seperti seleksi Tahun sebelumnya yaitu dengan memiliki 5 bidang kepeloporan di antaranya:

  1. Pendidikan
  2. Agama, Sosial dan Budaya
  3. Pangan
  4. SDA, Lingkungan dan Pariwisata, serta
  5. Inovasi Teknologi

Seleksi ini juga melibatkan dewan juri yang sangat berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Tak lupa juga turut disertakan ketiga Pemuda Pelopor DKI Jakarta yang telah sukses menjadi delegasi Nasional di Tahun sebelumnya di antaranya: Desi Widiyanti (Terbaik 1 Bidang Pangan Nasional 2017), Ryan Fiesta (Terbaik 1 Bidang Inovasi Teknologi Nasional 2018), serta Anggraini Charisma (Pemuda Hebat Kemenpora RI Bidang Agama, Sosial dan Budaya 2018).

Setelah melalui tahapan proses paparan serta Fact Finding akhirnya diumumkanlah 15 terbaik dari DKI Jakarta yang nantinya akan dikirim salah satu dari mereka menjadi delegasi Pemuda Pelopor tingkat Nasional Tahun 2019.

Ada kejadian yang sangat tidak terduga di mana salah satu Kota Administrasi DKI Jakarta yaitu kota Jakarta Pusat telah menjadi satu-satunya Kota Administrasi di DKI Jakarta yang berhasil memberikan performa yang baik, yaitu berhasil membawa pulang 6 piala dan 3 di antaranya berasal dari 1 bidang yang sama yaitu SDA, Lingkungan dan Pariwisata..

Pencapaian ini tak seperti kota Administrasi lain (Jakarta Barat 1 Piala, Jakarta Timur 2 Piala, Jakarta Selatan 2 Piala dan Jakarta Utara 4 Piala).

Seperti jargonnya "Pusat Melesat" memang sangat melesat dari Seleksi Pemuda Pelopor Tahun lalu hanya berhasil membawa 3 piala dalam 3 bidang (Pendidikan, Agama Sosbud serta SDA, Lingkungan dan Pariwisata).

Berikut daftar 6 Pemuda Terbaik Para Peraih penghargaan Pemuda Pelopor perwakilan Jakarta Pusat dalam seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Provinsi DKI Jakarta 2019:

Bidang Agama Sosial dan Budaya:

  • Agung Nurfaika, Kecamatan Senen - Terbaik Kedua
  • Troy Aldi Pratama, Kecamatan Senen - Terbaik Ketiga

Bidang Pangan

  • Restu Amri, Kecamatan Kemayoran - Terbaik ketiga

Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata

  • Marissa Leviani, Kecamatan Sawah Besar (SMKN 27) - Terbaik Pertama
  • Salma Nur Aisyah, Kecamatan Tanah Abang - Terbaik Kedua
  • Novialika Dyon Putri, Kecamatan Sawah Besar (SMKN 1) - Terbaik Ketiga

Nama-nama tersebut juga sebelumnya telah disaring melalui seleksi di tingkat Kota Administrasi melalui seleksi yang sangat ketat juga telah di uji dari dewan juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing, dilakukan juga kegiatan Fact Finding di lokasi kepeloporan peserta serta mendapatkan pelatihan berupa pembekalan dari para Purna Pemuda Pelopor Tahun sebelumnya.

Tahun lalu, Jakarta Pusat juga merupakan kota Administrasi pertama yang sukses mengirimkan Pemuda terbaiknya dalam seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Nasional dan berhasil mendapatkan penghargaan Pemuda Hebat dari Deputi Pengembangan Pemuda dan Kepeloporan Kemenpora RI.

"Optimis, Tahun ini Jakarta Pusat kembali menjadi delegasi Nasional, untuk persoalan kalah atau menang itu urusan kesekian dan tetap bangga sama mereka, ungkap Anggie selaku purna pemuda pelopor dari Jakarta Pusat".

Saat ini para peserta sedang mempersiapkan diri untuk menuju tingkat Nasional dengan memperbaiki makalah, menelaah kembali apa yang telah disampaikan oleh dewan juri baik saat di paparan dan juga di fact finding.

Kita doakan semoga Jakarta Pusat kembali menjadi perwakilan Pemuda Pelopor di Tingkat Nasional 2019

"Sekali Pelopor Tetap Pelopor"

"Pusat Melesat


Sumber: Dispora DKI Jakarta, Pemuda Pelopor, DKI Jakarta, Kemenpora RI, Jakarta Pusat

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Si Bodoh Sebelummnya

Si Bodoh

Walikota Risma Raih Penghargaan di Singapura Selanjutnya

Walikota Risma Raih Penghargaan di Singapura

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.