Ini Nih Beberapa Lokasi Bulk Store yang Ramah Lingkungan di Indonesia

Ini Nih Beberapa Lokasi Bulk Store yang Ramah Lingkungan di Indonesia

Scrub alami Loofah, sabun, dan sampo tanpa kemasan sekali pakai yang dijual di bulk store © Foto: @indiratendi

Di era serba instan seperti sekarang ini tentunya kita memang lebih "tertolong" dalam hal efisiensi dan efektivitas waktu. Terlebih, saat kita tidak sempat melakukan sesuatu yang memakan waktu dan usaha ekstra karena dikejar rutinitas, hal-hal instan adalah penolong.

Sebagai contoh, misalnya saja saat pagi hari kita tidak sempat membuat sarapan karena terburu-buru misalnya, jajan atau roti dalam kemasan di minimarket tentulah menjadi penolong di saat-saat seperti itu. Atau mungkin membeli makanan di abang penjual nasi uduk di depan gang rumah.

Berbagai macam sabun yang dijual di bulk store Naked Inc | Foto: @Indiratendi

Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa hal instan tersebut membawa akibat yang tidaklah instan.

Saat kita membeli jajanan dalam kemasan tentunya kemasan yang menjadi pembungkus dari jajanan tersebut tidak dapat kita konsumsi dan akan berakhir di tong sampah atau saat membeli nasi kuning di warung langganan kita, bisa dihitung berapa banyak yang akan berakhir di tong sampah; kertas pembungkus atau lebih parah mika pembungkus, sendok bebek plastik sekali pakai, dan kantung plastik yang berguna sebagai wadah untuk membawa pulang makanan tersebut.

Selain makanan, banyak pula benda keseharian yang tak dapat kita hindari untuk tidak "menyampah" dari kemasannya. Botol sampo, sabun, deodoran, sikat gigi, pasta gigi, dan banyak lainnya.

Sampo alami yang dijual tanpa kemasan | Foto: @indiratendi

Pernahkah kawan merasa gelisah dan merasa bersalah saat kalian tidak dapat melakukan apa-apa untuk membantu mengurangi produksi sampah kemasan seperti ini?

Mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan menggantinya dengan membawa tas yang dapat digunakan ulang tentu membantu sekali. Setidaknya mengurangi penggunaan kantung plastik. Namun, tetap saja banyak kemasan pembungkus yang tak dapat dihindari.

Saya ingat beberapa tahun yang lalu saya pernah melihat sebuah video di internet mengenai sebuah bulk store di negara Eropa dan setelah melihat video tersebut saya berangan-angan, kapan di Indonesia akan hadir bulk store serupa?

Barang cair yang dijual di bul store | Foto: @Indiratendi

Bulk store mirip dengan minimarket atau supermarket pada umumnya yang menjual kebutuhan sehari-hari namun bedanya ialah di bulk store, barang-barang tersebut dijual tanpa kemasan. Jadi jika kita ingin membeli sesuatu dari toko berkonsep serupa kita harus membawa wadah sendiri dari rumah atau membeli wadah yang disediakan di toko tersebut. Pastinya wadah tersebut dapat digunakan kembali untuk pembelian selanjutnya. Biasanya wadahnya berbentuk jar kaca semacam wadah untuk selai.

Kelebihan dari bulk store selain merupakan toko tanpa limbah, kita dapat membeli barang dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan saja. Hal tersebut karena di bulk store biasanya barang-barang tersebut dijual sesuai berat jenisnya. Jika barang tersebut berupa benda padat seperti bubuk cabe, bubuk kunyit, biji-bijian, sereal, dan banyak lainnya maka akan dijual sesuai hitungan berat gram, jika bendanya berupa cairan seperti sampo, sabun, minyak, madu, dan lainnya maka akan dijual sesuai hitungan volume liter.

Berbagai macam bubuk dapur | Foto: @Indiratendi

Kembali ke angan-angan saya mengenai kapan Indonesia memiliki toko dengan konsep serupa, jawabannya adalah sekarang! Saat ini Indonesia memiliki beberapa bulk store yang dapat membantu kita semua mengurangi limbah kemasan sekali pakai.

Memang jumlahnya masih belum terlalu banyak jika dibandingkan dengan minimarket dan supermarket konvensional, but hey setidaknya kita punya pilihan!

Berikut beberapa lokasi bulk store yang tersebar di Indonesia:

  1. Naked Inc, Como Park, Jl. Kemang Timur, Jakarta Selatan
  2. Saruga Pack Free Store, Jl. Taman Bintaro #1, Sektor 1, Jakarta Selatan
  3. Farmers Market 99, Jl. Pesanggrahan Raya, Kembangan, Jakarta Barat
  4. The Bulkstore & Co, Jl. KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta
  5. Summarecon Mall Serpong
  6. Lulu Hypermarket, Plaza Taman Modern, Bekasi
  7. YPBB Bandung, Jl. Batik Uwit #1, Cibeunying, Bandung
  8. Warung 1000 Kebun, Jl. Boling Arcamanik, Bandung
  9. Aromatics Jogja, Jl. Tirtodipuran #24, Mantrijeron, Yogyakarta
  10. Hgreenhealthy, Jl. Letjen R Suprapto #42, Balong, Sidoharjo, Pacitan
  11. Greenmommy Shop, Jl. Terusan Wiriaga, Bunulrejo Blimbing, Malang
  12. Alang-alang Zerowaste, Este Square, Mulyorejo, Surabaya
  13. Mamaramah Ecobulk, Surabaya
  14. Zero Waste Bali, Kerobokan, Badung, Bali


Catatan kaki: Twitter @Indiratendi | Zero Waste Indonesia

Pilih BanggaBangga72%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi22%
Pilih TerpukauTerpukau6%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Seberapa Penting Komunitas untuk Penulis Perempuan Sebelummnya

Seberapa Penting Komunitas untuk Penulis Perempuan

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia Selanjutnya

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia

1 Komentar

  • Boni Himawan

    Menyelamatkan bumi dgn mengurangi kemasannya, itu sangat hebat, dan perlu digalakkan, namun juga bersamaan, bagi mrk yg masih pengin ada kemasannya, ya digalakkan kegiataan memilah sampah dan bergabung dgn bank sampah. Bisa produksi pupuk organik dan produksi bahan olah daur ulang. Sukses selalu team ...

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.