Gemerlap Perayaan Idulfitri di 7 Negara

Gemerlap Perayaan Idulfitri di 7 Negara

Ketupat, salah satu tradisi Idulfitri di Indonesia © Bali Getaway

  • Melihat perayaan Idulfitri di tujuh negara, salah satunya Indonesia.
  • Masing-masing negara memiliki tradisi masing-masing.
  • Contoh perayaan Idulfitri di bawah ini adalah rangkuman dari Agoda.

Hari Idulfitri telah tiba dan gegap gempita hari kemenangan pun mulai terasa. Namun, suasana menggembirakan ini tak hanya terjadi di Indonesia saja. Di negara-negara lain pun Idulfitri dirayakan dengan penuh warna.

Berikut adalah gambaran suasana perayaan hari Idulfitri di tujuh negara, yang dirangkum oleh Agoda.

New York, Amerika Serikat

Tempat favorit: Penyalaan lampu Gedung Empire State Building, Islamic Cultural Center, Museum Kota New York.

Ada banyak yang bisa dilakukan di New York untuk menandai akhir Ramadan. Mulailah harimu dengan mengunjungi masjid terbesar di kota ini, Islamic Cultural Center New York. Saksikan juga keindahan Empire State Building di malam hari, yang biasanya menyala hijau untuk merayakan Idulfitri.

Salat Idulfitri di depan Masjid At-Taqwa, Brooklyn, New York | Foto: Liputan6

Istanbul, Turki

Di Istanbul, keranjang piknik berisi makanan dan hidangan manis untuk berbuka puasa menjadi tradisi umat Muslim di sana. Mereka biasa melakukannya di antara The Hagia Sophia dan Masjid Biru yang ikonik di Sultanahmet Square.

Menjelang Idulfitri, ada pula pemain-pemain gendang Ramadan tampil pada waktu fajar menyingsing di sepanjang jalan saat mereka membangunkan penduduk untuk sahur.

Setelah bulan Ramadan, Idulfitri yang di Turki juga dikenal sebagai ‘Seker Bayram ’atau Festival Permen, juga menyajikan banyak makanan manis seperti baklava. Bahkan, orang-orang dianjurkan untuk menikmati makanan manis untuk sarapan!

Uni Emirat Arab (UEA)

Berbuka puasa di Dubai Opera, ikuti aktivitas-aktivitas khusus di IMG Worlds of Adventures, dan menginap di Atlantis the Palm Dubai yang memiliki taman hiburan bertema seluas 170.000 meter persegi serta taman air, adalah kegiatan-kegiatan yang bisa kamu lakukan di UEA dalam merayakan Idulfitri

Warga UEA sangat menghargai waktu yang dihabiskan bersama orang-orang terkasih selama Idulfitri, terutama sambil menikmati makanan mewah.

Selain itu, kamu Bersama keluarga dan teman-teman juga dapat menikmati waktu yang mendebarkan di salah satu taman hiburan indoor terbesar di dunia, IMG Worlds of Adventures, yang akan didekorasi dengan tema tradisional Arab dan menawarkan aktivitas khusus terkait Idulfitri.

BACA JUGA: Menjelang Lebaran, Ini Nih yang Banyak Dibeli Masyarakat

Arab Saudi

Festival Idulfitri Tahunan di Arab Saudi menawarkan perayaan di area pesisir Jeddah Corniche dan Al Balad (Kota Tua).

Masyarakat Arab Saudi memiliki kebiasaan berkumpul bersama keluarga di rumah lelaki tertua dalam keluarga setelah sholat subuh di hari Idulfitri. Sebelum hidangan makan siang yang spesial disajikan, anak-anak akan tampil dengan pakaian baru di depan keluarga mereka yang kemudian akan memberi mereka uang lebaran sebagai hadiah.

Keluarga-keluarga kemudian menghabiskan hari dengan mengunjungi teater, melihat kembang api, atau menonton pertunjukan untuk melanjutkan perayaan.

Di jantung pusat kota Balad, wisatawan dapat mengambil bagian dalam perayaan Historic Jeddah Festival untuk bernostalgia dan melihat bagaimana orang-orang merayakan Idulfitri di masa lalu.

Sajian-sajian seni interaktif juga bisa dinikmati di negara ini, atau mendengarkan Hakawati (pendongeng) menceritakan kisah tentang bagaimana keluarga Hijazi menghabiskan Idulfitri mereka dahulu kala.

Suasana Idulfitri di Arab Saudi | Foto: Indonesiainside.id

Srinagar, Kashmir

Berperahu mengitari Danau Dal yang terkenal dan singgah di Masjid Hazratbal, sebelum berwisata kuliner di Lal Chowk, adalah kegiatan yang dapat dilakukan di Srinagar untuk merayakan Idulfitri

Kumpulan umat terbesar saat salat Idulfitri di Srinagar biasanya terletak di Hazratbal, tempat suci yang disebut-sebut sebagai tempat peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Di pagi hari saat Idulfitri, sesuatu yang manis dimakan untuk sarapan seperti sheer kurma atau seviyan (puding vermicelli dengan susu, air dan kacang-kacangan), disertai dengan kahwah, teh lokal yang diseduh dari daun teh hijau khusus dan saffron Kashmir, dihiasi dengan buah dan kacang kering.

Makanan lokal termasuk naan, kebab, kahwah, noon chai (teh asin warna merah muda) ala Kashmir dan yang lainnya di sepanjang Lal Chowk, jalanan yang terkenal dengan area kuliner di Kashmir, juga tersaji di sini.

BACA JUGA: Lebaran dan Tradisi yang Selalu Ada

Jakarta, Indonesia

Jakarta menjadi percontohan perayaan Idulfitri di Indonesia. Dengan lengangnya jalanan Jakarta saat ditinggal penghuninya mudik, warga setempat dapat memakai momen ini untuk menjelajahi pusat-pusat perbelanjaan atau tempat favorit lainnya.

Kemudian di hari Lebaran, akan semakin spesial dengan makanan wajib yaitu rendang yang disajikan bersama ketupat, yang melambangkan kebersamaan.**

Potret lengangnya Jakarta saat Lebaran | Foto: Brilio.net

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Bukalapak Akan Berekspansi ke Timur Tengah Sebelummnya

Bukalapak Akan Berekspansi ke Timur Tengah

Bumilangit Phase 1 : Dari Gundala, Sampai Mandala Selanjutnya

Bumilangit Phase 1 : Dari Gundala, Sampai Mandala

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.