Indahnya Kebersamaan dari Dua Bagian Masyarakat Indonesia

Indahnya Kebersamaan dari Dua Bagian Masyarakat Indonesia
info gambar utama

Untuk pertama kalinya di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), umat Hindu setempat bergabung dalam merayakan Idulfitri, turun ke jalan bersama ribuan Muslim dari kecamatan Narmada pada Selasa malam kemarin untuk takbiran.

Mendengar pakaian tradisional Bali dan memainkan musik Bali, warga Hindu bergabung dengan parade takbiran di sekitar kota, mengibarkan bendera dan payung hias.

Mereka berasal dari dusun dengan mayoritas penduduk beragama Hindu bernama Gandari di desa Narmada.

" Hal ini merupakan pengalaman yang luar biasa karena kita bisa merayakan takbiran bersama. Ini adalah pertama kalinya dusun Gandari bergabung dalam parade. Jadi, semua orang - anak-anak, remaja, dan bahkan ibu-ibu - berpartisipasi dalam parade,” kata I Ketut Suweca, seorang tokoh muda dari Gandari.

Masyarakat Hindu dan Muslim yang berjalan beriringan pada malam takbir Idulfitri 1440 Hijriah | Sumber: Pemerintah Lombok Barat
info gambar

Suweca mengatakan inisiatif mereka disambut hangat oleh komite takbiran, yang bahkan memberi mereka tempat di barisan depan pawai.

“Ketika kami tiba, mereka menyambut kami dengan sangat baik, dan mereka bahkan menempatkan kami di baris kedua,” tambahnya.

Suweca mengatakan gagasannya adalah untuk meningkatkan toleransi antar kelompok agama, berharap gagasan tersebut bisa menjadi contoh bagi dusun lain untuk menciptakan kedamaian dalam keharmonisan.

Selain itu, warga dan pemimpin agama di daerah tersebut mengambil bagian dalam acara tersebut untuk mewujudkan impian mereka untuk mengubah desa Narmada menjadi tujuan wisata yang dikenal karena toleransinya.


Catatan kaki: Jakarta Post

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini