AP II Catatkan 3 Juta Penumpang Angkutan Lebaran

AP II Catatkan 3 Juta Penumpang Angkutan Lebaran
info gambar utama
  • 3 juta penumpang tercatat berhasil diberangkatkan PT. Angkasa Pura II di angkutan lebaran.
  • Penghitungan dilakukan mulai H-7 Lebaran sampai H+3.
  • Puncak arus mudik terjadi pada H-4 sedangkan puncak arus balik jatuh pada H+3.

Jelang berakhirnya libur Lebaran, PT. Angkasa Pura (AP) II merilis angka jumlah penumpang yang berhasil mereka berangkatkan. Mulai H-7 sampai H+3 di bandara-bandara yang dikelola PT. AP II. Jumlah penumpang dipastikan tembus 3 juta orang.

Puncak arus mudik terjadi di H-4 atau tanggal 1 Juni 2019, dengan pergerakan penumpang yang naik sebesar 30 persen dibandungkan sebelum periode Lebaran. Kemudian untuk arus balik puncaknya jatuh pada H-3 atau hari ini, dengan prosentase kenaikan yang sama.

VP of Corporate Communication PT. Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano mengatakan jumlah pemudik dengan pesawat memang biasanya semakin meningkat pada weekend menjelang hari Idulfitri, karena ada cuti bersama dan anak-anak juga sudah libur sekolah. Jumlah penumpang kemudian naik lagi pada weekend setelah untuk arus balik.

BACA JUGA: Beragam Fasilitas Eco Airport di Bandara Soekarno-Hatta

Yado Yarismano melanjutkan, moda transportasi pesawat unggul dari sisi kecepatan waktu sehingga pemudik lebih fleksibel memilih jadwal keberangkatan. Untuk arus balik nanti pemudik dengan pesawat dihimbau untuk tiba lebih awal di bandara sekitar 1-2 jam sebelum jadwal penerbangan agar lancar dalam memproses keberangkatan.

“Di samping itu, kami juga menyarankan agar pemudik bisa melakukan check-in terlebih dahulu melalui gawai atau situsweb apabila maskapai menyediakan fasilitas tersebut. Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga tersedia fasilitas self check-in untuk memudahkan pemudik,” ujar Yado.

Kemudian Presiden Direktur PT. Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, untuk musim libur tahun ini peningkatan pergerakan penumpang terbagi menjadi dua periode, pertama yaitu ketika libur Lebaran Idulfitri di awal bulan Juni 2019, dan selanjutnya ketika liburan anak sekolah di sekitar minggu ketiga Juni 2019.

"Kami juga menyediakan berbagai fasilitas baru di Bandara Soekarno-Hatta guna memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk liburan nanti, mulai dari lounge digital yang dikenal dengan nama iMATE Lounge di Terminal 1, 2, dan 3, hingga adanya Halal Park di Terminal 3."

BACA JUGA: Taksi Listrik Hadir di Bandara Soekarno-Hatta

Berikut sejumlah fasilitas baru yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta guna menghadirkan pengalaman terbang yang menyenangkan:

  1. i-Millennial Airport Travel Experience Lounge (iMATE Lounge)
  2. AirSport yang merupakan area bermain game online
  3. Halal Park di Plaza Terminal 3
  4. Hotel Kapsul di Terminal 3
  5. Sleeping Pods di Terminal 3
  6. Skuter listrik GrabWheels di Terminal 3
  7. Reading corner

AP II juga memiliki aplikasi Indonesia Airports yang dapat diunduh di iOS dan Android guna memudahkan untuk mengetahui berbagai fasilitas dan tenant yang ada di bandara, memesan taksi, hingga mengetahui jadwal keberangkatan kereta bandara dan Skytrain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan lainnya.**

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini