Ada Maskapai Apa Saja di LCCT 2F?

Ada Maskapai Apa Saja di LCCT 2F?
info gambar utama
  • Beragam maskapai nasional dan internasional telah beroperasi di Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sebagai LCCT pertama di Indonesia.
  • Per 1 Juli 2019, Tiger Scoot juga akan menyusul.
  • Sejak beroperasi sebagai LCCT, Terminal 2F mengalami peningkatan pesat di jumlah penumpang.

Indonesia akhirnya memiliki Low Cost Carrier Terminal (LCCT) pertamanya, yakni di Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Lantas, maskapai penerbangan apa saja yang ada di sana?

Sebagai LCCT yang khusus melayani penerbangan internasional, maskapai yang beroperasi di Terminal 2F adalah AirAsia Group, Cebu Pacific, Citilink, Lion Air Group, dan Jetstar Asia.

Kemudian per 1 Juli 2019 nanti, Tiger Scoot juga akan menyusul mereka untuk beroperasi di Terminal 2F.

“International LCC Terminal 2F adalah langkah nyata bagi (Bandara) Soekarno-Hatta untuk bersaing dengan LCCT lainnya yang ada di Asia Tenggara untuk merebut pasar. Kami menargetkan semakin banyak maskapai LCC yang mau membuka rute baru dari dan ke International LCC Terminal 2F,” jelas Muhammad Awaluddin, dalam keterangan resminya.

BACA JUGA: Bakal Bisa Kirim Makanan Antarkota, Garuda Indonesia Kolaborasi dengan GOJEK

Muhammad Awaluddin menambahkan, International Terminal 2F didesain untuk mengutamakan kepraktisan, kecepatan dan kemudahan.

Jumlah check-in desk di International LCC Terminal 2F akan dikurangi dari 20 unit pada 2020 menjadi 10 unit pada 2022. Di sisi lain, jumlah fasilitas self check-in ditambah menjadi 40 unit.

Seiring dengan itu, fasilitas self bag drop ditambah dari 10 unit pada 2020, menjadi 20 unit pada 2022.

Pada periode Angkutan Lebaran 2019, jumlah penumpang di International LCC Terminal 2F juga mengalami lonjakan hingga mencapai 10.000-12.000 orang per hari, dibandingkan dengan kondisi normal yakni sekitar 7.000-8.000 orang per hari.

BACA JUGA: Jumlah Penumpang di LCCT Indonesia Meningkat Pesat

Kemudian sepanjang Januari-Mei 2019, jumlah penumpang mencapai 1,70 juta penumpang atau naik sekitar 2,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni 1,66 juta penumpang.**

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini