5 Alasan Mengapa Pakai Jenama Fesyen Lokal itu Keren

5 Alasan Mengapa Pakai Jenama Fesyen Lokal itu Keren

Ilustrasi brand fashion lokal ©Unsplash.com

Indonesia sudah sangat maju dalam hal pakaian dan selera fesyen. Tak kalah dengan negara-negara maju seperti Amerika dan Jepang, Indonesia ternyata memiliki banyak sekali jenama lokal yang belum banyak diketahui.

Jika selama ini yang populer di kalangan pencinta fesyen streetwear adalah Supreme yang mana merupakan produk asal Amerika dan BAPE yang berasal dari Jepang, maka kamu bisa menjajal beragam produk lokal yang tak kalah keren dan berkualitas tentunya.

Ada beberapa alasan yang kamu harus tahu ketika kamu menggunakan jenama fesyen lokal.

Brand fesyen lokal Indonesia banyak yang diekspor

Port Blue Shoes asal Indonesia

Jangan salah sangka dengan jenama fesyen lokal. Sekarang jenama lokal Indonesia benar-benar tidak bisa dipandang sebelah mata.

Sebagai contoh, Bodypack. Produk tas waterproof premium yang sudah dikenal di Indonesia ini merupakan milik anak bangsa yang diproduksi di Bandung.

Bodypack sudah mengekspor barangnya hingga ke luar negeri yaitu ke Lebanon, Jepang, Singapura, dan Filipina. Jadi, secara tidak langsung Bodypack yang kamu gunakan juga digunakan oleh orang-orang di negara lain.

Edisi terbatas

Jaket merek lokal, Never Too Lavish yang dipakai presiden Jokowi

Jika selama ini yang kamu ketahui di Indonesia adalah segmen wholesale, jenama fesyen lokal di Indonesia sekarang sudah jarang yang bermain di segmen tersebut.

Kesadaran akan ekslusivitas pada jenama fesyen lokal sudah tinggi. Sebagai contoh Familias, sebuah clothing line di Yogyakarta yang jarang melakukan restock suatu produknya. Dengan begitu, value dari produk-produk yang dijual merek tersebut semakin tinggi karena memang langka.

Kualitas internasional

Niluh Djelantik dan sepatunya yang dipakai artis hollywood

Tidak ada lagi kata bahwa barang buatan Indonesia itu berkualitas buruk. Jenama fesyen lokal tetap menggunakan bahan dasar berasal dari Indonesia. Namun bahan tersebut tidak berkualitas asal-asalan.

Seperti di pusat pengrajin sepatu di Sidoarjo tepatnya di Tanggulangin. Di sana merupakan pusat pembuat sepatu yang sudah menyuplai sepatu untuk banyak merek lokal. Lebih kerennya lagi, sepatu-sepatu tersebut banyak yang dilirik oleh negara asing dan bahkan melakukan ekspor.

Gaya yang tidak ketinggalan zaman

AHHA Habit

Banyak jenama fesyen lokal yang terinspirasi dari jenama luar negeri seperti Sepatu Compass yang terinspirasi dari Converse. Intinya, menggunakan jenama fesyen dalam negeri tidak akan membuat kamu kelihatan jadul, malah menjadi makin berkelas dengan produk dalam negeri.

Membantu menyejahterakan pengerajin dan jenama lokal

Sepatu Joko dari Malang ke California

Menggunakan jenama fesyen lokal benar-benar nggak ada ruginya. Selain alasan-alasan diatas, memakai jenama fesyen lokal berarti kamu berkontribusi bagi negeri ini terutama dalam hal kesejahteraan para pengerajin kecil dan pemilik usaha lokal.

Karya anak bangsa tidak perlu diragukan lagi. Ayo gunakan jenama fesyen dalam negeri untuk Indonesia yang lebih sejahtera!

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Inilah Makna Ketupat dan Lebaran Ketupat di Indonesia Sebelummnya

Inilah Makna Ketupat dan Lebaran Ketupat di Indonesia

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara Selanjutnya

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.