8 Kawasan Bebas Polusi di Dunia

8 Kawasan Bebas Polusi di Dunia

Cidomo dan sepeda sebagai transportasi darat di Gili Trawangan © Sumber: YouTube

Hidup di tengah-tengah era serba instan sudah pasti limbah menjadi bagian dari kehidupan. Salah satunya ialah limbah polusi udara dari transportasi.

Transportasi baik pribadi maupun umum menyumbangkan emisi gas karbon yang memang tidak nampak namun jika dibayangkan berapa jumlah kendaraan bermesin yang beroperasi tiap harinya apalagi di kawasan perkotaan, bisa diperkirakan betapa banyaknya polusi udara yang terpapar.

Namun, meskipun begitu masih ada beberapa kawasan di dunia yang masih terbebaskan dari polusi tersebut. U Zone melalui situsnya menuliskan 8 pulau di dunia yang bebas dari polusi.

Delapan pulau tersebut tersebar hampir seluruh benua yang ada di penjuru dunia, kecuali Afrika. Mulai dari benua Amerika, Eropa, Australia, dan Asia termasuk dalam daftar delapan pulau bebas polusi di dunia tersebut.

Bahkan 3 dari 8 pulau tersebut terdapat di Asia Tenggara.

Dapatkah kawan bayangkan bersantai di pinggir pantai beralaskan hamparan pasir putih dengan beratapkan lambaian daun kelapa dan dapat menghirup udara segar tanpa polusi? Hal tersebut bukanlah impian belaka.

3 pulau yang berada di kawasan Asia Tenggara tersebut ialah Pulau Perhentian di Malaysia, Pulau Koh Phi Phi di Thailand, dan Pulau Gili Trawangan yang ada di Indonesia.

Pulau Perhentian Malaysia | Sumber: Indie Traveller

Pulau Perhentian merupakan dua gugusan daratan yang terletak di sebelah utara Malaysia. Pulau ini terbagi dua berdasarkan luas daratannya; Pulau Perhentian Besar dan Pulau Perhentian Kecil. Saat Pulau Perhentian Besar banyak diisi dengan resort-resort yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan keluarga, bagi kalian yang berpergian dengan grup teman atau bahkan solo, bisa mengunjungi Pulau Perhentian Kecil. Di Pulau Perhentian untuk mencapai setiap sisinya digunakan kapal jetty atau berjalan kaki. Tentunya membuat kawasan ini bebas polusi kendaraan bermotor.

Pulau Koh Phi Phi terletak di bagian selatan Thailand, Pulau ini lumayan kecil dimana hampir seluruh bagian pulau dapat anda jelajahi dengan berjalan kaki. Kecuali anda ingin melakukan wisata island hopping yang mengharuskan anda memesan tour dan bergabung dengan kapal tradisional yang disediakan.

Pulau Koh Phi Phi, Thailand | Sumber: Phi Phi Islands - Phuket

Gili Trawangan atau Gili T merupakan salah satu pulau wisata di Indonesia yang cukup populer di kalangan wisatawan asing selain Pulau Bali. Untuk menjelajah pulau yang daratannya cukup mungil ini terdapat tiga alternatif; berjalan kaki, menyewa sepeda, atau menggunakan cidomo, transportasi lokal khas Pulau Lombok dan Gili mirip dengan Delman.

Beralih ke arah selatan dari Indonesia, benua Australia juga memiliki sebuah pulau yang bebas polusi. Pulau tersebut ialah Pulau Rottnest yang terletak di bagian barat Australia. Pulau ini merupakan cagar alam nasional dilindungi yang mana merupakan habitat alami dari hewan quokka. Hewan berkantung kecil mirip wallaby. Uniknya hewan ini terlihat sangat ceria, tidak seperti hewan lain, quokka ramah kepada manusia. Hal tersebut karena di habitat alamnya ini quokka tidak memiliki predator alam yang membuatnya tidak merasa harus melindungi diri dari ancaman. Sama seperti Pulau Gili Trawangan, di Pulau Rottnest ini anda dapat berkeliling menggunakan sepeda.

Quokka yang tidak malu-malu untuk berfoto dengan wisatawan | Sumber: National Geographic

Sedikit berpindah ke timur dari Australia, terdapat sebuah negara kepulauan dengan lebih dari 300 pulau. Salah satu dari 300 pulau tersebut, yakni Pulau Kadavu merupakan salah satu pulau bebas polusi yang ada dalam daftar ini. Untuk berpergian di pulau ini transportasi air merupakan pilihan yang tersedia, wajar jika pulau ini terbebas dari polusi.

Terbang lebih jauh ke timur menuju benua Amerika, tepatnya Amerika Tengah, terdapat dua pulau bebas polusi di kawasan tersebut; Little Corn di Nikaragua dan Pulau Caye Caulker di Belize.

Little Corn merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di kawasan pesisir Nikaragua. Pulau ini disebut-sebut oleh banyak situs pariwisata sebagai kawasan yang kurang banyak peminat namun memiliki keindahan luar biasa. Kawasan bekas jajahan yang paling indah yang ada di Karibia ini sangat kecil sehingga berjalan kaki pun dapat membawa anda ke seluruh penjuru pulau.

Blue Hole yang misterius | Sumber: Tropic Air

Beda dengan Little Corn yang cukup dijelajah dengan berjalan kaki, Pulau Caye Caulker dapat diakses dengan taksi air, pesawat kecil, dan juga helikopter. Khusus untuk helikopter, kawan bisa menaikinya untuk melihat area Blue Hole yang misterius.

Terakhir namun pastinya tidak kalah pentingnya, yakni Pulau Hydra di Yunani. Terkenal dengan penduduknya yang ramah, anda tidak akan menemukan satupun mobil atau sepeda motor di pulau yang merupakan salah satu pulau Saronik yang ada di Yunani ini.

Sudah siap untuk menjadikan impian anda dengan berkunjung ke tempat-tempat tersebut? Setidaknya Gili Trawangan terlihat lebih memungkinkan untuk diwujudkan dalam waktu dekat.


Catatan kaki: U Zone

Pilih BanggaBangga40%
Pilih SedihSedih20%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli20%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Yayasan Gringgo, Atasi Limbah Indonesia dengan AI Sebelummnya

Yayasan Gringgo, Atasi Limbah Indonesia dengan AI

Namanya Siomay Bentuknya Cilok, Makanan apa itu? Selanjutnya

Namanya Siomay Bentuknya Cilok, Makanan apa itu?

Vita Ayu Anggraeni
@ayuvitaa

Vita Ayu Anggraeni

I work here because I value positivity. In the midst of social media era I wish that everyone builds harmony through positivity, so I start from myself.

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.