Jangan Mudah Percaya, Apalagi Ikut Menyebarkannya

Jangan Mudah Percaya, Apalagi Ikut Menyebarkannya
info gambar utama

Saat ini banyak orang mencari informasi melalui internet, salah satu alasannya adalah cepat dan bisa menghemat waktu.

Tapi perlu di ingat, bahwa tidak semua informasi yang ada di internet atau media massa benar adanya. Ada beberapa berita yang disajikan justru berdampak negatif, karena beritanya termasuk berita bohong atau biasa disebut "hoaks".

Hoaks berasal dari bahasa Inggris yang artinya berita palsu. Menurut KBBI, hoaks mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber.

Menurut rangkuman Liputan6.com, ada beberapa jenis hoaks yang perlu diwaspadai

Hoaks virus

Hoaks jenis ini biasanya dikembangkan oleh peretas dan melakukan penyebarannya lewat email atau aplikasi chatting. Hoaks jenis ini biasanya berisi tentang adanya virus berbahaya di komputer atau gawai anda yang sebenarnya tidak terinfeksi.

Hoaks kirim pesan berantai

Pengguna aktif aplikasi chatting WhatsApp atau BBM, pasti sering mendapat pesan untuk melanjutkan pesan ke beberapa teman lain dengan berbagai alasan. Biasanya, pesan tersebut tentang mendapat hadiah tertentu atau mengalami hal buruk jika tidak mengirimkannya.

Hoaks urban legend

Banyak orang yang suka membuat hoaks soal cerita urban legend seram tentang tempat, benda, atau kegiatan tertentu. Hoaks jenis ini biasanya menghimbau warganet untuk tidak mengunjungi tempat yang dimaksud.

Hoaks dapat hadiah gratis

Hoaks satu ini modusnya mirip dengan penipuan online. Oknum akan mengirimkan pesan broadcast atau pop-up message berisikan pengumuman pemberian hadiah gratis.

Hoaks tentang kisah menyedihkan

Hoaks satu ini berupa surat yang berisikan tentang kabar dari seseorang yang tengah sakit dan membutuhkan dana guna operasi atau obat. Hoaks jenis ini biasanya menggunakan foto dari Google demi mendapatkan simpati.

Hoaks pencemaran nama

Sifat hoaks ini sangat berbahaya, karena dari berita palsu bisa dengan mudah tersebar di dunia maya dan mampu menghancurkan hidup seseorang dalam sekejap.

Ada bebarapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyebarkan berita:

1. Bacalah berita dari media yang dapat dipercaya.

2. Jangan share artikel atau berita sebelum tahu sumbernya.

Untuk itu, sebagai pembaca yang bijak jangan sampai percaya begitu saja tentang berita yang ada apalagi sampai ikut menyebarkannya.


Catatan kaki: m.liputan6.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DP
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini