Pecatur Muda Indonesia Ini Tahan Remis Unggulan Pertama

Pecatur Muda Indonesia Ini Tahan Remis Unggulan Pertama

Ilustrasi catur © Sumber: Chess.com

Dua pecatur muda Indonesia yang tengah diproyeksikan raihan gelar Grand Master dan Master Intenasional Wanita, Sean Winshand Cuhendi dan Ummi Fisabilillah tampil mengesankan menahan remis pimpinan klasemen katagori Grand Master dan Grand Master Wanita pada babak empat Turnaamen Internasional Japfa 2019 di Hotel Grand Inna Yogyakarta Sabtu sore (15/06/2019).

Ummi pecatur bergelar Master FIDE Wanita babak empat memainkan buah putih lewat pembukaan Slav sukses menahan remis pimpinan klasemen katagori putri sekaligus juara bertahan GMW Ketie Tsatsalashvili dari Georgia. Di laga tersebut dua pecatur baik Ummi maupun Ketie berupaya keras meraih kemenangan namun partai berlangsung alot sehingga keduanya sepakat untuk mengakhiri babak empat di langkah 19.

Hasil ini sementara masih menempatkan Ketie dipuncak klasemen katagori grand master wanita dengan 3,5 angka kemenangan, sedang Ummi masih diposisi 4 mengumpulkan 2,5 angka kemenangan.

"Menghadapi Ketie dibabak 4 sangat sulit untuk menembus daerah pertahanannya dan hal yang disampaikan Ketie atas posisi pernainannya, "jelas Ummi. Diakui pecatur asal DKI Jakarta itu, posisi bermainnya sangat berbeda ketika mampu mengalahkan L"Ami karena varian langkah yang disiapkan selalu sesuai hitungan.

Sedang Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB. Percasi Kristianus Liem melihat penampilan Ummi hari ini sangat luar biasa karena mampu mengumpulkan 1 setengah point setelah sebelumnya menang atas pecatur Rumania MI Alina L’ami dibabak tiga.

"Secara kualitas Ummi Fisabillah sudah pantas menyandang gelar MIW Karena meski diusia relatif muda penampilannya semakin matang," ungkap Kristianus Liem.

Pecatur putri Indonesia, MFW Ummi Fisabilillah saat tampil dalam Turnamen Catur Grand Master dan Grand Master Wanita Japfa 2019 di Yogyakarta, 13-21 Juni | Sumber: Humas Percasi

Sukses Ummi juga diikuti pecatur katagori putra, MI Sean Winshan Cuhendi babak empat mengendalikan buah putih membagi setengah angka dengan pimpinan klasemen GM Rustam Khusnutdinov dari Kazakhstan. Bermain remis sementara masih mengamankan Rustam dipapan atas klasemen dengan 3 angka kemenangan dan Winshand posisi 6 dengan 2 angka kemenangan.

Sementara pada pertandingan lainnya pecatur putri GMW Medina Warda Aulia yang bermain dikatagori Grand Master harus mengakui keunggulan MI Novendra Priasmoro. Pada pertandingan katagori GM lainnya unggulan utama asal Rusia GM Dmitry Kokarev mengamankan posisi 2 meraih 2,5 angka kemenangan usai ditahan draw MI Das Argyadiv dari India.

Pecatur putra nomor satu Indonesia GM Susanto Megaranto yang ditahan remis MI Yoseph T. Taher pada babak 4 Japfa Internasional naik keposisi 2 membukukan 2,5 angka kemenangan.


Catatan kaki: Tempo | Antara News

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau100%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Jauhi Hoaks Sebelummnya

Jauhi Hoaks

Menyambut Kembali Maskot Ibu Kota yang Sempat Hilang Selanjutnya

Menyambut Kembali Maskot Ibu Kota yang Sempat Hilang

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.