10 Bali Baru: Dua Wisata Langka Dunia Ada di Labuan Bajo

10 Bali Baru: Dua Wisata Langka Dunia Ada di Labuan Bajo

Pemandangan Labuan Bajo © mldspot.com

Labuan Bajo merupakan salah satu surga wisata di Indonesia yang masuk ke dalam program destinasi 10 Bali Baru. Program tersebut dicanangkan oleh pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Pariwisata guna memperkenalkan kepada masyarakat dunia akan keindahan wisata alam Indonesia yang tidak hanya berpusat di Bali.

Mengapa dinamakan Bali Baru? Nah, tujuan dari penamaan ini sendiri yaitu agar ke-10 destinasi wisata tersebut memiliki intensitas pengunjung yang sama banyaknya dengan Bali. Mengingat Bali mampu mendatangkan 4 juta wisatawan asing per tahun dan mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Pulau Komodo l Sumber: qubicle.id

Destinasi program 10 Bali Baru meliputi Borobudur, Labuan Bajo, Bromo, Belitung, Danau Toba, Kepulauan Seribu, Mandalika (Lombok), Kepulauan Wakatobi, dan Tanjung Lesung.

Berbicara mengenai 10 destinasi di atas, terdapat salah satu destinasi Bali baru yang memiliki lokasi wisata langka yang hanya ada beberapa di dunia lho, destinasi tersebut yaitu Labuan Bajo.

Labuan Bajo dulunya merupakan satu dari 9 desa yang ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Namun sekarang menjadi sebuah kota.

Labuan Bajo dapat diakses melalui jalur laut dan udara, memiliki bandara internasional yang terletak di kota Labuan Bajo, provinsi Kepulauan Flores.

Labuan Bajo memiliki destinasi wisata yang sangat banyak dan langka. Wisata langka dunia yang terletak di Labuan Bajo yaitu Taman Nasional Komodo. Taman ini merupakan pusat habitat dari komodo itu sendiri.

Komodo merupakan salah satu hewan purba yang masih ada hingga saat ini dan lebih membanggakan lagi hanya ada di Indonesia. Selain itu, Taman Nasional Komodo juga sudah banyak meraih penghargaan dan pengakuan dari dunia.

Antara lain, pada tahun 1991 UNESCO menetapkan Taman Nasional Komodo ini sebagai situs warisan dunia, pada tahun 2011 Pulau Komodo masuk ke dalam salah satu 7 keajaiban dunia, dan pada tahun 2017 Pulau Komodo masuk ke daftar 10 destinasi terbaik dunia dalam majalah National Georaphic.

Pink Beach l Sumber: ensleykopedia

Satu lagi yang destinasi wisata langka dunia yang ada di Labuan Bajo yaitu Pink Beach. Pantai pada umumnya memiliki pasir yang berwarna putih atau hitam, Namun berbeda dengan Pink Beach yang ada di Labuan Bajo ini.

Pantai ini selain memiliki pemandangan yang indah tetapi juga memiliki keunikan pasir yang berwarna merah muda. Hal ini tentunya lebih menarik lagi dikarenakan hanya ada 8 pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda di dunia, dan salah satunya terletak di Labuan Bajo.

Pink Beach sendiri juga menyajikan keindahan alam bawah laut dan keanekaragaman terumbu karang yang masih terjaga dengan baik, berbagai jenis ikan juga ikut menambah keindahan bawah laut Pink Beach.

Bagi pencinta diving, Pink Beach dapat menjadi salah satu spot yang menarik untuk dikunjungi.

Dengan adanya keunikan-keunikan wisata yang ada di Labuan Bajo tersebut tentunya sangat direkomendasikan bagi para pelancong yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda dari yang lain.

Wisatawan mancanegara juga harus mengetahui bahwa masih banyak tempat-tempat menarik untuk berlibur di indonesia khususnya di Labuan Bajo.


Catatan kaki: idntimes.com l pikniek.com l kubik.phinemo.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Ternyata Kelapa Bisa Dibuat Kopyor Semua dalam Satu Pohon, Bagaimana Caranya? Sebelummnya

Ternyata Kelapa Bisa Dibuat Kopyor Semua dalam Satu Pohon, Bagaimana Caranya?

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak Selanjutnya

Lepas Dari Gadget, Bank Indonesia Kenalkan Literasi Pada Anak

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.