Mengintip Helikopter Serang Paling Mematikan di Dunia Milik Indonesia

Mengintip Helikopter Serang Paling Mematikan di Dunia Milik Indonesia

AH-64E Apache Guardian © jakartagreater

Untuk mengoptimalkan keamanan negara tentulah diperlukan peralatan-peralatan militer yang mendukung, salah satunya helikopter.

Tak hanya digunakan sebagai transportasi bantuan negara tetapi juga diperlukan sebagai kendaraan perang dan pengamanan negara. Tak tanggung-tanggung, Indonesia memborong 8 heli AH-64E Guardian dengan pembelian seharga USD 1,4 miliar.

AH-64E Apache Guardian l Sumber: mylesat

Helikopter ini dijuluki sebagai heli serang paling mematikan mengalahkan AH-1 Cobra. Gridhot.id menjelaskan bahwa AH-64 Apache ini sangat mengerikan dikarenakan adanya sistem helm head mounted display (hmd) pada moncong senapan mesin yang dapat diarahkan dan mengunci sasaran hanya dengan pandangan pilot.

Dapat dikatakan hanya dengan menoleh dan memencet tombol tembak sasaran akan terbidik. Dengan sekali bidik maka senapan mesin jenis M230 Chain Gun kaliber 30 yang dapat melontarkan hingga 1.200 butir peluru akan menyapu bersih sasaran dalam sekejap.

Selain senapan mesin M230 Chain Gun Kaliber, terdapat pula roket hydra yang digunakan sebagai senjata sekunder untuk melenyapkan infanteri dan kendaraan lapis baja ringan musuh.

Tak hanya itu, AH-64 Apache juga dilengkapi dengan misil anti tank AGM-114 Hellfire yaitu rudal yang dapat menembus ketebalan baja tank sekelas leopard 2 sekalipun.

Helikopter ini juga dapat mengusung radar AESA dan cocok untuk operasi maritim. Ada pula extended-range fuel tanks yang meningkatkan jarak tempuh dan ketahanan.

Sumber: Koran Nusantara

Heli serang ini juga sudah teruji dalam pertempuran dan dinobatkan sebagai helikopter serang terbaik di dunia.

Hal ini dibuktikan dengan penggunaan pada penugasan di Irak pada invasi Amerika ke Negeri 1001 Malam tersebut pada tahun 2003 yang berhasil meluluhlantahkan divisi lapis baja medina division milik Saddam Husein.

Namun dengan kehebatannya tersebut tidak semua dapat mengendalikan heli serang ini. Rumitnya perawatan dan harganya yang mahal merupakan faktor penghambat pembelian heli serang jenis ini.

Maka dari itu pembelian AH-64E Guardian ini juga dilengkapi dengan paket pelatihan awak dan support. Dengan perlengkapan persenjataan yang lengkap serta pelatihan menjadi nilai tambah bagi keamanan militer di Indonesia.


Catatan kaki : hot.grid.id l jakartagreater.com

Pilih BanggaBangga50%
Pilih SedihSedih5%
Pilih SenangSenang24%
Pilih Tak PeduliTak Peduli8%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi8%
Pilih TerpukauTerpukau5%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

10 Bali Baru: Dua Wisata Langka Dunia Ada di Labuan Bajo Sebelummnya

10 Bali Baru: Dua Wisata Langka Dunia Ada di Labuan Bajo

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye Selanjutnya

Google Rayakan 70 Tahun Sosok Chrisye

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.