Pesta Kesenian Bali Telah Dibuka. Gubernur Bali: "PKB Tahun Ini Spesial”

Pesta Kesenian Bali Telah Dibuka. Gubernur Bali: "PKB Tahun Ini Spesial”

Pesta Kesenian Bali © jakartapost.com

Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 telah dibuka pada Sabtu (15/6). Pembukaan dilaksanakan di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandi Renon, Denpasar, dengan dibuka oleh presiden Joko Widodo.

Ditandai dengan pemukulan kulkul atau dikenal dengan kentongan sebanyak 15 kali, PKB ke-41 resmi dibuka, dilanjutkan dengan pemberangkatan peserta pawai.

Presiden Jokowi saat ikut pawai di Pesta Kesenian Bali (PKB) 2019 | Sumber: setkab.go

Pembukaan disambut dengan “Tabuh Ketug Bumi” dan mengiringi Maskot PKB Siwa Nataraja. Persembahan tersebut dari mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Kemudian penampilan dilanjutkan dengan Tari Ga Guang yang dipersembahkan oleh duta Republik Rakyat Tiongkok. Tari Ga Guang sendiri merupakan tarian yang berasal dari kelompok etnik Dai di Yunnan, memiliki arti keberuntungan dan terkabulnya harapan.

Dilanjutkan penampilan dari duta ISBI Tanah Papua menampilkan judul Isololo, sebuah tarian dan nyanyian di atas perahu.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, juga turut berpartisipasi dengan menampilkan musik Tong-Tong atau Musik Ul Daul, musik tradisional khas daerah Madura.

Acara dilanjutkan dengan persembahan dari kabupaten-kabupaten di Bali seperti Kabupaten Bangli, Kabupaten Badung, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Denpasar, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Klungkung, dan ditutup oleh Kabupaten Gianyar dengan menampilkan Tari Sanghyang Jaran.

Pawai diikuti oleh sekitar empat ribu seniman dari kabupaten/kota di Bali serta delegasi atau utusan dari provinsi dan negara lain.

PKB tahun ini mengusung tema Bayu Pramana yang memiliki arti memuliakan sumber daya angin.

Menurut Wayan Koster, selaku Gubernur Bali, tahun ini PKB spesial karena adanya pelibatan Sekaa Sebunan atau kesenian berbasis desa adat.

Dilansir dari detik.com, Koster menurutkan bahwa pelibatan Sekaa Sebunan bertujuan untuk memperkuat upaya-upaya pelestarian tradisi orisinil yang hidup di masyarakat.

Sekaa Sebunan sendiri juga memiliki ciri ikatan yang kuat sesama anggota, guyub, dan bergotong royong yang perlu dipelihara.

Selain pelibatan Sekaa Sebunan, adanya penggratisan stan-stan untuk pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) juga menjadi hal yang spesial. Gelaran PKB menjadi agenda tahunan yang dilaksanaan di pulau Bali.

Catatan kaki: detik.com | Kompas.com | bali.tribunnews.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Mengintip Helikopter Serang Paling Mematikan di Dunia Milik Indonesia Sebelummnya

Mengintip Helikopter Serang Paling Mematikan di Dunia Milik Indonesia

Liburan ke Banten Selatan yuk.. Selanjutnya

Liburan ke Banten Selatan yuk..

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.