Di Kabupaten Ini, Homestay Gratis Biaya Pajak dan Izin Membangun

Di Kabupaten Ini, Homestay Gratis Biaya Pajak dan Izin Membangun

Takengon, Aceh Tengah © masihbaru.com

Kabar baik bagi warga Aceh Tengah yang ingin mendirikan homestay , pasalnya bupati setempat akan menggratiskan biaya izin dan pajak mendirikan homestay. Hal ini di dituturkan oleh Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, di sela kegiatan pengajian Fuspita se-Kecamatan Lut Tawar di Kampung Gunung Suku, Senin (17/6/).

Danau Lut Tawar l Sumber: disbudpar.acehprov.go.id

Dicanangkannya program ini dikarenakan membludaknya kunjungan ke Aceh Tengah saat libur lebaran dan libur sekolah, sehingga banyak penginapan maupun hotel yang penuh pengunjung. Efek lain dari membludaknya pengunjung di Aceh Tengah ini juga berimbas pada masjid di daerah setempat. Pengunjung banyak yang memanfaatkan masjid untuk menginap. Maka dari itu, pemerintah daerah siap memasok kebutuhan masjid setempat terutama untuk kebutuhan air.

Hal ini tentunya dilakukan semata-mata demi meningkatkan peluang pengembangan wisata yang ada di Aceh Tengah dan mendorong perekonomian masyarakat setempat.

Wisata Kota Takengon l Sumber: yopiefranz.com

Dalam hal ini, dinas meminta untuk bekerja sama dengan Reje (kepala kampung) dan sekitar danau atau Kota Tekongan agar mendorong warga memanfaatkan peluang yang telah diberikan. Banyaknya tempat wisata yang ada di Kota Tekongan ini tentu sangat membutuhkan homestay atau rumah singgah yang memadai bagi pengunjung-pengunjungnya.

Selain terkenal akan keindahan alam dan wisatanya, Aceh Tengah juga sudah dikenal oleh dunia dengan produksi kopi gayo. Acara-acara bertema kopi setiap tahunnya pun diadakan di Aceh Tengah.

Kebun kopi gayo l Sumber: m.katadata.co.id

Dengan eksistensi kopi yang dihasilkan Aceh Tengah ini, tentunya kesempatan kunjungan dari turis mancanegara pun semakin banyak, sehingga diperlukan fasilitas yang mendukung agar mengoptimalkan semua peluang yang ada.

Menurut Shabela, ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah sebagai katalisator yang memfasilitasi kebutuhan masyarakat. termasuk pembebasan pajak dan mempermudah perizinan demi kesuksesan daerah itu sendiri.

Resam Munaling di Aceh Tengah l Sumber: steemit.com (@yoeozar)

Jika program pembebasan pajak dan izin mendirikan homestay sudah mulai dijalankan masyarakat, selanjutnya pemerintah daerah akan melakukan pembinaan, sehingga homestay memiliki standar yang sesuai.

Dengan pemanfaatan peluang tersebut maka Aceh Tengah akan lebih banyak dikunjungi berkat pariwisata, kuliner serta fasilitas penunjang yang telah disediakan pemerintah daerah tersebut.


Catatan kaki: kompas.com l tribunnews.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Belum Sanggup Jadi Pahlawan? Mari Berkontribusi Pada Indonesia Lewat Tulisan Sebelummnya

Belum Sanggup Jadi Pahlawan? Mari Berkontribusi Pada Indonesia Lewat Tulisan

MocoSik Festival 2019 Usung Tema "Buku, Musik, Kamu" Selanjutnya

MocoSik Festival 2019 Usung Tema "Buku, Musik, Kamu"

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.