10 Bali Baru: Sang Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

10 Bali Baru: Sang Penghasil Timah Terbesar di Indonesia
info gambar utama

Banyak pantai indah, penghasil timah terbesar di Indonesia, dan satu-satunya penghasil batu Satam Hitam, adalah beberapa deskripsi dari Pulau Belitung, Bangka Belitung. Pulau yang disebut Belitong ini juga memiliki biota laut yang indah serta sejarah yang kompleks.

Berkat kesuksesan film buatan Andrea Hirata, Laskar Pelangi, pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Maka Kementerian Pariwisata RI menetapkan Pulau Belitung sebagai salah satu dari 10 Bali Baru, yang diharapkan dapat mendatangkan wisatawan secara signifikan seperti Bali.

Penduduk asli Belitung berasal dari etnis Mongol. Menurut catatan sejarah dinasti Yuan, armada Mongol yang dipimpin oleh Shi Bi, Ike Mese dan Gao Xing telah berusaha menaklukkan Jawa di bawah perintah kaisar Kubilai Khan pada tahun 1292.

Tidak hanya itu, Pulau Belitung menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia. Hal ini ditemukan oleh John Loudon, orang Belanda yang pertama kali menemukannya di tahun 1851. Pulau ini juga menjadi penghasil batu Satam Hitam satu-satunya di dunia, hasil dari proses reaksi tabrakan meteor jutaan lalu.

Pulau Belitung memiliki banyak rekomendasi pantai dan destinasi lain yang bisa dikunjungi, beberapa di antaranya adalah:

Batu Berlayar

Batu Berlayar | Sumber: pinterest
info gambar

Disebut juga dengan Sailing Rock Island, terdapat 2 batu granit besar yang terlihat seperti layar perahu. Meskipun untuk sampai di sini memerlukan ahli yang berpengalaman, namun pemandangan dan lautnya yang jernih membuatnya sepadan.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata yang berwarna-warni seperti pelangi | Sumber: jadiberita.com
info gambar

Film sukses Laskar Pelangi yang berlatarbelakang di Belitung ini membuat Andrea Hirata memutuskan untuk membuat Museum Kata. Museum ini diisi oleh keseluruhan cerita-cerita Andrea yang terkenal. Andrea Hirata berharap museum ini dapat mengajak generasi muda untuk berani bermimpi.

Pantai Nyiur Melambai

Pantai Nyiur Melambai | Sumber: krjogja.com
info gambar

Berada di Belitung Timur, pantai ini indah lengkap dengan pasir putih dan pohon kelapa yang tumbuh sepanjang bibir pantai. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari voli pantai hingga panjat tebing.

Pulau Memperak

Jernihnya Laut di Pulau Memperak | Sumber: ulinulin.com
info gambar

Biota laut yang indah dan airnya yang jernih membuat Pulau Memperak ini cocok untuk kegiatan snorkeling. Pulau ini hanya disinggahi oleh beberapa penjaga dan warga lokal yang berada di tengah pepohonan di sekitar pantai.

Selain destinasi wisata, Belitung juga memiliki kuliner khas dan kopi Manggar yang memiliki rasa yang kuat. Pulau Belitung dapat diakses menggunakan pesawat dari Jakarta atau Medan.

Catatan kaki: Wonderful Indonesia | Kubik Phinemo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NG
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini