Dengan 10.000 Subscribers YouTube, Kamu Bisa Masuk Kampus Ini

Dengan 10.000 Subscribers YouTube, Kamu Bisa Masuk Kampus Ini

Ilustrasi mahasiswa © Medcom.id

Belakangan ini Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, kampus tersebut memberikan persyaratan bagi mahasiswa pendaftar untuk memiliki 10.000 subscribers YouTube. Persyaratan tersebut tercantum di dalam situs resmi UPN Jakarta.

Seleksi Mandiri (SEMA) UPNVJ sendiri memiliki dua jalur, yakni Jalur Akademik menggunakaan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan jalur Prestasi baik akademik maupun non akademik.

Prestasi-prestasi tersebut antara lain prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1-3 tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, dan internasional 3 tahun terakhir, Hafiz Alquran minimal 5 juz, Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dan yang menjadi perbincangan belakangan ini adalah YouTube Content Creator dengan minimal 10.000 subscribers.

Persyaratan-persyaratan penerimaan mahasiswa baru juga tercantum dalam Pengumuman Rektor UPN Veteran Jakarta Nomor 32/UN61/PG/2019 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana Jalur Seleksi Mandiri Tahun 2019.

Persyaratan tersebut menuai beragam komentar dari masyarakat warganet. Rektor UPNVJ Erna Hernawati, dikutip dari Tirto.id, tidak mengetahui bahwa persyaratan tersebut akan menjadi viral di media sosial. Erna juga menanggapi bahwa persyaratan tersebut mendorong mahasiswa-mahasiswa agar lebih kreatif dan mengikuti era revolusi industri 4.0.

Terkait persyaratan jumlah subscribers tersebut, Najeela Shihab, Pendiri Studi Pendidikan dan Kebijakan (PSPK), belum memahami korelasi antara subscribers YouTube dengan jargon “Bela Negara” kampus UPNVJ.

Najeela mengungkapkan dalam Tirto.id, bahwa mungkin terdapat beberapa rencana jangka panjang berkait kurikulum UPNVJ dan menjadi dasar dalam kebijakan tersebut.

Koordinator Nasional Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI), Ubaid Matraji mengatakan bahwa perlu diperjelas kontennya. Menurutnya, konten yang disajikan haruslah positif dan mendidik.

Menanggapi hal tersebut, Erna mengatakan bahwa konten akan dikuratori secara ketat oleh tim internal. Lebih lanjut, Erna menambahkan bahwa konten nya tidak abal-abal, konten edukatif dan berguna bagi masyarakat.

Bagi yang ingin mendaftarkan diri dengan jalur prestasi 10.000 subcribers YouTube (calon mahasiswa baru harus menyerahkan data diri dan tautan YouTube di situs universitas.

Bagaimana, Kawan GNFI? apakah kamu tertarik mendaftar di UPNVJ dengan persyaratan tersebut?

Catatan Kaki: tirto.id | detik.com | upnvj.ac.id

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Intip Keseruan Para Mahasiswa Saat Penutupan DARMASISWA di Solo Sebelummnya

Intip Keseruan Para Mahasiswa Saat Penutupan DARMASISWA di Solo

Liburan ke Banten Selatan yuk.. Selanjutnya

Liburan ke Banten Selatan yuk..

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.