IPB University dalam QS World University Ranking Naik 100 Tingkat

IPB University dalam QS World University Ranking Naik 100 Tingkat
info gambar utama

Lembaga independen QS, sebagai salah satu penyelenggara pemeringkatan perguruan tinggi di dunia, mengeluarkan hasil resmi pemeringkatan yang berlaku untuk periode Juni 2019-Mei 2020.

Disebutkan bahwa IPB University berada pada posisi 601-650 ranking dunia, naik sekitar 100 tingkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu IPB di peringkat 701-750 untuk World University Ranking (WUR), dan peringkat 130 untuk Asia University Rangking (AUR).

Pada tahun ini, peringkat IPB dalam QS World University Ranking by subject on Agriculture and Forestry tetap bertahan pada Top 100. IPB University ada di posisi Top 100 ini dalam 4 tahun terakhir.

Pemeringkatan QS World University Rangking (WUR) kali ini dilakukan terhadap 1.620 perguruan tinggi yang memenuhi syarat dari total sebanyak 4.763 institusi perguruan tinggi yang dipertimbangkan di 151 negara.

Penilaian dilakukan secara ketat setiap tahunnya berdasarkan enam kategori penilaian yaitu reputasi akademik, reputasi pemberi kerja (employer), rasio dosen dan mahasiswa, kutipan publikasi ilmiah per dosen dan rasio dosen internasional, serta rasio mahasiswa internasional.

Indikator yang secara signifikan memperkuat posisi IPB tahun ini di antaranya adalah reputasi akademik dan internasinalisasi.

“Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pe-ranking-an QS WUR. Ini adalah hasil dari kerja keras kita semua dalam program peningkatan kinerja penelitian dan internasionalisasi, seiring dengan makin tingginya semangat menghasilkan inovasi. Perangkingan bukanlah tujuan, melainkan akibat atau hasil dari sebuah proses penyelenggaraan Tri Dharma secara progresif dan inovatif. Orientasi IPB tetap pada kontribusi sebesar-besarnya pada penguatan inovasi untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan bangsa. Seperti diketahui, dalam sepuluh tahun terakhir, IPB University adalah penghasil inovasi terbanyak (39 persen) menurut Business Innovation Center," ujar Rektor IPB University, Dr. Arif Satria.

Dekan Sekolah Pascasarjana IPB University sebagai Ketua Task Force QS WUR di lingkup IPB University, Prof. Dr. Anas M. Fauzi, menyampaikan perlunya upaya terus menerus untuk peningkatan reputasi dan kinerja akademik, disertai dukungan infrastruktur pendidikan dan penelitian, sistem data dan informasi, fasilitasi bagi mitra internasional, peningakatan kesiapan dan kualifikasi lulusan (graduate employability), serta penguatan promosi.

Kegiatan rebranding telah mengubah terjemahan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam Bahasa Inggris yang semula Bogor Agricultural University menjadi IPB University. Perubahan nama ini telah disosialisasikan kepada mitra-mitra internasional.

Sejalan dengan konsep Agromaritim 4.0 yang diimplementasikan melalui pengembangan kurikulum pendidikan yang sesuai, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan pemberdayaan masyarakat juga diharapkan akan terus meningkatkan reputasi akademik IPB University. (YDI)


Catatan kaki: www.ipb.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

YI
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini