Begini Lompatan Tajam Peringkat Kampus-kampus Indonesia di Kancah Internasional

Begini Lompatan Tajam Peringkat Kampus-kampus Indonesia di Kancah Internasional

Universitas Indonesia © ui.ac.id

Quacquarelli Symonds (QS) merilis peringkat untuk 500 universitas terbaik dunia tahun 2020. Ada tiga kampus dari Indonesia yang masuk daftar tersebut, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Asal tahu saja, QS merupakan lembaga riset yang bergerak pada bidang pendidikan dengan melakukan pengukuran kinerja dan pemeringkatan terhadap hampir 1.000 perguruan tinggi di lebih dari 80 negara di dunia.

Berdasarkan laporan Tempo.co, Indikator yang digunakan mengacu pada Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking. Universitas terus dievaluasi sesuai dengan enam metrik, yaitu Reputasi Akademik (40 persen), Reputasi Pengelola (10 persen), Rasio Dosen/Mahasiswa (20 persen), Kutipan per Fakultas (20 persen), Rasio Fakultas Internasional (5 persen), Rasio Mahasiswa Internasional (5 persen).

Foto: Peringkat Kampus Indonesia Naik (Kemenristekdikti)
Peringkat Kampus Indonesia Naik. Foto: Kemenristekdikti

"Lompatan luar biasa beberapa perguruan tinggi Indonesia terjadi pada periode 2015-2018 dengan naiknya posisi mereka dalam Top 500 QS World University Rankings," tulis Kemenristekdikti, dalam postingan Facebooknya, Selasa (18/6/2019), dikutip Okezone.com.

Adapun peringkat Universitas Indonesia yang sebelumnya di 2015 peringkat 358 naik menjadi 292. Kemudian, Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2015 peringkat 431 naik menjadi 359 di 2018 dan Universitas Gadjah Mada dari 551 naik menjadi 391 di 2018.

Kemenristekdikti menilai sebuah cerminan hasil usaha untuk meningkatkan kualitas mereka. Selain itu, perhatian besar terhadap daya saing perguruan tinggi Indonesia di level dunia juga ditunjukkan oleh Presiden Joko Widodo. Kebijakan Presiden Jokowi yang fokus terhadap pembangunan sumber daya manusia dan perguruan tinggi menjadi salah satu ujung tombaknya.

Universitas Gadjah Mada. Foto: The Jakarta Post
Caption

Menristekdikti M Nasir merespons cepat arahan Presiden Jokowi dengan membuat terobosan-terobosan program dan kebijakan penting agar perguruan tinggi Indonesia semakin berkualitas dan memiliki daya saing di level dunia.

Kemenristekdikti meluncurkan beberapa program unggulan yang secara tak langsung juga membantu mengangkat peringkat Perguruan Tinggi di level internasional.

“Beberapa program beasiswa diadakan untuk dosen dan tenaga kependidikan. Seperti Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) dan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN) yang bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi dosen dengan pendidikan Magister untuk melanjutkan ke jenjang Doktoral,” terangnnya.

Pilih BanggaBangga78%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi22%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Maskapai ini Bawa Terbang Barista untuk Melayani Penumpangnya Sebelummnya

Maskapai ini Bawa Terbang Barista untuk Melayani Penumpangnya

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil Selanjutnya

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.