Limbah Tulang Ikan Manyung Bisa Jadi Material Implan Gigi

Limbah Tulang Ikan Manyung Bisa Jadi Material Implan Gigi
info gambar utama

Tulang ikan manyung sebagai salah satu limbah terbesar dari industri pengolahan ikan manyung, akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap lingkungan jika tidak dimanfaatkan.

Hal ini terjadi karena dapat menimbulkan pencemaran. Pada kenyataannya, tulang ikan manyung mengandung mineral yang cukup tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain karena unsur utama dari tulang ikan adalah kalsium dan fosfor.

Tulang ikan manyung mengandung kalsium yang tinggi yang dapat diubah menjadi CaO yang berfungsi sebagai prekusor kalsium dalam pembuatan hidroksiapatit.

Hidroksiapatit (HAp) dapat disintesis dari bahan alami seperti cangkang kerang hijau, tulang sapi, dan cangkang kepiting.

Tim PKM Penelitian Eksakta jurusan Kimia UNESA yang terdiri dari Prof. Dr. Sari Edi Cahyaningrum, M.Si sebagai dosen pembimbing, Fifi Afifah sebagai ketua tim beserta dua anggota lainnya yang bernama Sa’adah dan Jonathan Angelo Ranamanggala, tim tersebut berinovasi untuk membuat material implan gigi dari sintesis hidroksiapatit limbah tulang ikan manyung.

Hidroksiapatit dengan struktur heksagonal merupakan biomaterial yang berpotensi sebagai implan tulang maupun gigi, karena memiliki sifat biokompatibilitas dan osteokonduktif.

Karakteristik yang baik dari biomaterial ini menyebabkan penggunaannya di bidang kedokteran gigi cukup luas, seperti rekonstruksi jaringan tulang, material untuk gigi berlubang (karies), material untuk patah tulang gigi, dll.

Untuk bahan implan, spesifikasi hidroksiapatit yang dikehendaki adalah yang memiliki rasio massa Ca/P sebesar 1,67 dan memiliki susunan kristal yang sama dengan tulang hewan/manusia.

Dalam sintesis hidroksiapatit harus menggunakan metode yang tepat agar menghasilkan HAp yang berkualitas baik, oleh karena itu tim ini menggunakan metode sol gel dalam sintesis HAp tulang ikan manyung.

“Metode sol gel mudah dilakukan karena prosesnya yang sederhana dan hasilnya mampu meningkatkan kristalinitas dan kemurnian dari HAp” ujar Fifi.

Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Fifi dan tim menunjukkan bahwa sintesis HAp pada suhu 900⁰C menghasilkan kristalinitas dan kemurnian HAp yang tinggi.

Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa tulang ikan manyung berpotensi dalam pembuatan material implan gigi dalam dunia kedokteran gigi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FA
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini