Juli Ini, Siap-Siap Menyaksikan Gerhana Bulan Parsial

Juli Ini, Siap-Siap Menyaksikan Gerhana Bulan Parsial

space.com

Bulan Juli mendatang, Gerhana Bulan Parsial akan terjadi pada tanggal 17. Fenomena langit ini bisa diamati di seluruh daerah di Indonesia.

Dilansir dari timeanddate via suara.com, tanggal 17 Juli 2019, kurang lebih 65% permukaan Bulan yang terkena sinar Matahari akan masuk ke bayangan umbra Bumi. Ini membuat Bulan terlihat kemerahan, sisa wilayah Bulan lainnya akan terlihat normal seperti biasa. Gerhana Bulan parsial ini akan terjadi mulai pukul 03:01 WIB dini hari sampai pukul 05:59 WIB.

sumber : https://www.timeanddate.com/eclipse/lunar/2019-july-16

Untuk mengamati Gerhana Bulan Parsial, para pengamat menyarankan untuk melihat ke arah barat. Karena gerhana terjadi ketika Bulan sudah berada di langit barat, Gerhana Bulan Parsial ini juga bisa diamati di Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Timur Tengah, Asia Tenggara, Australia, hingga Oseania, dengan disaksikan secara langsung ataupun menggunakan teleskop.

Gerhana Bulan parsial adalah fenomena langit ketika posisi Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam sebuah garis lurus. Hal ini menyebabkan sinar Matahari yang menuju ke Bulan terhalang Bumi, ini menyebabkan Bulan tertutup bayang-bayang Bumi.

--

Sumber : Suara.com, https://www.timeanddate.com/eclipse/lunar/2019-july-16, space.com

Pilih BanggaBangga9%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang9%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi27%
Pilih TerpukauTerpukau55%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Ekspresi Dukungan Anak Bangsa Untuk Kemerdekaan Palestina Sebelummnya

Ekspresi Dukungan Anak Bangsa Untuk Kemerdekaan Palestina

Walikota Risma Raih Penghargaan di Singapura Selanjutnya

Walikota Risma Raih Penghargaan di Singapura

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.