Segudang Manfaat Daun Pisang yang (Mungkin) Kamu Belum Tahu

Segudang Manfaat Daun Pisang yang (Mungkin) Kamu Belum Tahu

Daun pisang © Manfaat Sesuatu Daun

Pisang merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Dengan harganya yang relatif murah dan mudah dibudidayakan, tanaman ini menjadi ikon favorit bagi semua kalangan.

Tanaman yang diyakini berasal dari daratan Papua ini populer sebagai tanaman serbaguna. Sejak zaman nenek moyang, beberapa bagian dari tanaman ini digunakan sebagai lauk pendamping dalam setiap sajian. Seperti contohnya jantung pisang, buah pisang, dan daun pisang.

Daun pisang memang populer digunakan sebagai bungkus makanan atau alas untuk hidangan. Diyakini dapat menambah cita rasa, daun pisang sendiri mengandung beberapa senyawa penting untuk tubuh kita, lho.

Senyawa ini adalah polifenol, lignin, hemiselulosa, protein, allantoin, dan lain-lain. Maka dari itu, daun ini tidak hanya berfungsi sebagai pembungkus dan penambah cita rasa, namun dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan dan dalam pengobatan tradisional.

Berikut beragam manfaat daun pisang untuk kesehatan:

Mengobati gigitan serangga

Siapa sangka daun pembungkus tempe ini bisa mengobati kuka bekas gigitan serangga. Hal ini karena antioksidan alami yang terkandung dalam daun ini, yang berfungsi untuk proses penyembuhan gigitan serangga.

Iritasi kulit

Daun pisang juga mampu mengurangi iritasi pada kulit. Bagaimana bisa? Daun pisang ini akan diekstrak yang dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun. Hal ini akan mempermudah pemakaian dan bisa mengurangi rasa perih pada iritasi dalam penggunaan rutin.

Mengatasi mimisan

Banyak dari kita yang mengalami mimisan saat sedang kedinginan atau kelelahan beraktivitas, namun siapa sangka daun pisang ini bisa menjadi obat alternatif untuk mimisan. Caranya dengan menghaluskan daun pisang ini hingga halus, lalu dioleskan sedikit ke bagian dalam hidung.

Mengobati disentri

Daun pisang ini memiliki suatu senyawa aktif yang dapat menghentikan peradangan pada usus yang mengakibatkan keluarnya darah yang keluar ketika beuang air besar. Cara membuat ramuan ini sangat mudah, kita hanya cukup meminum air rebusan dari dapun pisang paling tidak satu kali sehari untuk pengobatan.

Pengobatan sakit tenggorokan

Rasa radang pada tenggorokan sering kali datang saat cuaca sedang panas atau pergantian musim. Biasanya ditandai saat menelan sesuatu, kita merasakan sakit di area tenggorokan. Obat alternatif dari daun pisang ini dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, dengan cara meminum air rebusan daun pisang secara rutin.

masker rambut | Foto: stranas

Menghaluskan rambut

Siapa sangka daun ini bisa menghaluskan rambut yang kering dan kulit ketombe pada kulit kepala? Dengan cara menghaluskan daun pisang ini secara teratur dan menggunakannya rutin sebagai masker sesudah keramas, hasilnya akan maksimal.

Meredakan demam

Saat demam, para ibu biasanya mengompres anaknya dengan handuk dingin untuk meredakan demamnya. Sekarang para ibu bisa menggantinya dengan daun pisang. Caranya adalah oleskan minyak kelapa seecara merata pada permukaan daun oisang, lalu diterapkan pada bagian dahi.

Selain itu, masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari daun pisang ini yang tidak boleh kamu lewatkan. Beberapa manfaat lainnya dari daun pisang yaitu sebagai pembungkus makanan seperti tempe, tape, oncom, dan tauge. Bahan baku kerajinan tangan juga biasanya menggunakan bahan dasar daun pisang untuk media pembuatannya.

Daun pisang ini juga sering kita temui pada perayaan dan upacara adat mereka.

Dikutip dari faktualnews.co, ada beberapa langkah guna membuat obat herbal dari daun pisang:

  1. Pilih daun pisang yang kering atau mengeringkan sendiri di bawah terik matahari.
  2. Cucilah hingga bersih.
  3. Siapkan air bersih sebanyak 3 hingga 4 gelas ke dalam panci.
  4. Masukkan daun pisang yang telah kering ke dalam panci.
  5. Rebuslah hingga airnya hanya menyisakan 1 gelas saja.
  6. Diamkan air rebusan daun pisang tersebut hingga menjadi hangat.
  7. Kalian dapat menambahkan madu murni jika suka.
  8. Ramuan herbal daun pisang siap dikonsumsi.


Catatan kaki: faktualnews.co

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang25%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi75%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Komang Sudiarta, Pahlawan Lokal Pulau Dewata Sebelummnya

Komang Sudiarta, Pahlawan Lokal Pulau Dewata

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil Selanjutnya

Tahun 2025, Indonesia Ditargetkan Ekspor 1 Juta Mobil

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.