Berwisata di Perbatasan Indonesia

Berwisata di Perbatasan Indonesia
info gambar utama

Indonesia merupakan negara kepulauan yang bertetangga dengan beberapa negara lain. Sebelah utara Indonesia berbatasan langsung dengan negara Malaysia, lalu sebelah timur berbatasan langsung dengan Papua Nugini, dan berbatasan dengan Timor Leste di sebelah selatan.

Wilayah perbatasan yang juga wilayah terluar memiliki keeksotisannya sendiri. Penduduk dan kegiatannya menciptakan kearifan lokal yang unik dan tak bisa ditemukan di daerah lain.

Wilayah perbatasan juga memiliki destinasi wisata yang tentunya tak boleh dilewatkan. Mengunjungi dan berwisata ke wilayah perbatasan Indonesia sembari mendukung program pemerintah.

Apakah kamu pernah mendengar Cross Border Tourism? Program tersebut merupakan gagasan Kementerian Pariwisata. Tujuannya tentu untuk menarik minat wisatawan, bukan untuk wisatawan mancanegara saja tapi juga untuk wisatawan lokal. Keindahan Indonesia memang tak perlu diragukan lagi hingga wilayah perbatasannya pun menyimpan potensi wisata.

Bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan menggelar acara musik dengan mengundang artis ternama merupakan upaya dari program tersebut agar pariwisata di wilayah perbatasan berkembang.

Tenang, kamu tidak perlu bingung mau pergi ke mana, GNFI akan menunjukkan betapa eksotisnya beberapa tempat yang berada di wilayah perbatasan.

PLBN Motaain | Foto: kitanesia.id
info gambar

PLBN Motaain (Pos Lintas Batas Negara) di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur. PLBN yang berbatasan dengan Timor Leste ini tentu berbeda dengan pos yang ada di sekitar rumahmu. Jangan bayangkan bangunan kotak sempit dengan satu jendela dan dispenser di dalamnya, karena pos yang satu ini besar dan luas.

PLBN Motaain mengalami perkembangan yang signifikan sejak diresmikan oleh Joko Widodo pada 2016. Bentuk atap bangunannya serupa dengan rumah Matabesi yang merupakan rumah tradisional masyarakat Belu. Gerbang utamanya sudah otomatis dengan menggunakan sistem elektrik.

Dana sebesar Rp 82 miliar digelontorkan untuk membangun PLBN Motaain. Beberapa titik yang biasa ramai dikunjungi wisatawan adalah gerbang utama Indonesia-Timor Leste, taman bunga, dan Monumen Pancasila yang terletak di tengah komplek tersebut. Warga Kota Atambua bahkan masyarakat dari Timor Leste seringkali mengunjungi tempat ini.

PLBN Entikong | Foto: rri.co.id
info gambar

Bila ingin wisata air di Kalimantan, bisa pergi ke Wisata Air Terjun Pancur Aji yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar dua setengah jam dari PLBN Entikong. Berada di kawasan perbukitan yang terletak di pinggiran Teluk Sungai Kapuas di bagian hilir Kota Sanggau, Kalimantan Barat.

Air Terjun Pancur Aji | Foto: travel.detik.com
info gambar

Masih di satu kawasan yang sama, wisatawan tak hanya dapat menikmati Air Terjun Pancur Aji tetapi ada juga Air Terjun Riam Setapang, panggung hiburan, kolam ikan, hingga kandang rusa yang harus menaiki 100 anak tangga terlebih dahulu untuk dituju.

Sumber: timesindonesia.co.id | travel.kompas.com | pesona.travel | travel.detik.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NC
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini