Macan Kumbang dan Macan Dahan, Keunikan yang Perlu Diperhatikan

Macan Kumbang dan Macan Dahan, Keunikan yang Perlu Diperhatikan

Macan khas Indonesia | Foto: Mongabay.com

Di bulan Juli terdapat Hari Macan Internasional (International Tiger Day) yang akan diperingati setiap tanggal 29. Satwa yang tergolong jenis karnivora ini beberapa spesiesnya bisa ditemui di Indonesia. Kali ini GNFI akan mengulas jenis macan yang terdapat di pulau Jawa dan Kalimantan.

Pulau Jawa merupakan salah satu tempat tinggal berbagai jenis satwa endemik Indonesia, salah satunya macan. Hewan dengan corak khas tutul-tutul di tubuhnya ini memiliki nama Macan Tutul Jawa (Panthera pardus melas), atau Macan Kumbang yang termasuk salah satu sub-spesies dari macan tutul.

Satwa ini hanya ditemui di hutan tropis, pegunungan, dan kawasan konservasi di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat.

Macan Kumbang | Foto: pexels.com

Meski tubuhnya paling kecil dibanding spesies lain, indra penglihatan dan penciumannya tajam. Dinamakan ‘Kumbang’ karena bulunya ditumbuhi bulu-bulu bercorak bintik-bintik gelap nan mengilap bila berada di bawah cahaya terang.

Uniknya, pada 2018 kamera penjebak (camera trap) milik petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, merekam seekor macan tutul hitam Jawa yang bernama latin Panthera pardus melas.

TNBTS merupakan kawasan konservasi sekaligus habitat hewan langka yang dilindungi. Petugas melakukan pemantauan berkala agar pendataan jumlah hewan langka, khususnya macan tutul, semakin lengkap.

Meski tergolong hewan yang soliter, tetapi lain cerita bila musim berkembang biak. Aktif berburu mangsa pada malam hari (nokturnal), mangsanya adalah hewan-hewan dengan ukuran yang lebih kecil. Keberadaannya dilindungi dalam UU No. 5 tahun 1990 dan PP No. 7 tahun 1999.

Macan dahan | Foto: pixnio.com

Selain Pulau Jawa, Kalimantan juga menjadi rumah tinggal satwa mamalia yang satu ini. Macan dahan Kalimantan, nama latinnya adalah Bornean clouded leopard diterbitkan oleh WWF pada 14 Maret 2007. Ternyata macan jenis ini tersebar juga di Pulau Sumatera lho.

Merupakan kucing pemangsa terbesar di Kalimantan, macan dahan Kalimantan memiliki postur tubuh kekar. Memiliki berat badan antara 12-25 kg dan panjang sekitar 90 cm.

Panjang gigi taringnya capai dua inci, menjadikannya gigi taring terpanjang dibanding jenis kucing lainnya. Pertumbuhan ekor bisa menyamai panjang tubuhnya yang juga berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh.

Clouded pada nama latinnya didapatkan dari bentuk tutul pada tubuhnya yang mirip dengan awan. Karakteristiknya tentu sesuai dengan namanya, macan dahan memiliki keahlian memanjat untuk berburu bahkan bersembunyi dari bahaya.

Sumber: wikipedia.org | republika.co.id

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang50%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi50%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Cita Rasa dalam Negeri di Arab Saudi Sebelummnya

Cita Rasa dalam Negeri di Arab Saudi

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia Selanjutnya

Ini Daftar Operator Telko yang Sudah Menjajal Jaringan 5G di Indonesia

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.