Brain Academy: Ketika Bimbel Offline dan Online Jadi Satu

Brain Academy: Ketika Bimbel Offline dan Online Jadi Satu
info gambar utama

Ruangguru, sebuah startup teknologi yang berfokus pada layanan pendidikan, baru-baru ini membuat sebuah produk terbarunya yaitu, bimbel offline Brain Academy.

Di samping dijadikan sebagai tempat belajar, produk terbaru yang melabeli dirinya sebagai Bimbel Abad 21 ini juga berfungsi sebagai pusat informasi, tempat pembayaran, dan layanan customer care untuk semua layanan Ruangguru lainnya.

Diluncurkannya Brain Academy tentu membuka angin segar bagi dunia pendidikan Indonesia, di mana bimbingan belajar satu ini menawarkan model bimbel daring yang mengombinasikan teknologi dengan tatap muka yang terbuka untuk siswa-siswi kelas 4 SD hingga 12 SMA.

Saat diluncurkannya produk ini, Brain Academy telah dibuka secara serentak di 10 kota besar di Indonesia, yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Malang.

CEO Ruangguru, Belva Devara, menyatakan bahwa diluncurkannya Brain Academy tentu sejalan dengan visi Ruangguru yang bercita-cita ingin mempermudah akses pelaku didik terhadap pendidikan yang berkualitas.

"Kami percaya bahwa hal ini tidak hanya dilakukan secara online tetapi juga offline. Selain menjadi tempat belajar, Brain Academy juga berfungsi sebagai pusat informasi, tempat pembayaran dan layanan customer care untuk layanan - layanan Ruangguru lainnya," ujarnya dalam keterangan resmi yang dilansir via Bisnis, Kamis (4/7).

Perbedaan Brain Academy dan bimbel lainnya

Belva juga menambahkan, bahwa terdapat beberapa hal yang membuat Brain Academy bisa dikatakan berbeda dari bimbel-bimbel yang dikenal pada umumnya selama ini.

Pertama, selain didukung oleh para pendidik maupun tentor-tentor terbaik yang sudah diseleksi ketat, Brain Academy akan mengandalkan penggunaan teknologi terkini untuk pengoptimalan selama proses belajar mengajar.

Artinya, semua siswa tentu akan mendapat tes diagnostik dalam setiap sesi, yang hasilnya akan menjadi landasan rekomendasi materi belajar yang dapat dipelajari dengan pendampingan Master Teachers dari Brain Academy.

Alhasil, para siswa yang tergabung di Brain Academy dapat meningkatkan penguasaannya pada topik-topik dalam mata pelajaran yang dirasa masih belum tuntas di sekolah.

Brain Academy merupakan Bimbel Abad 21 yang memadukan bimbel offline dan online
info gambar

Kedua, semua materi belajar akan disajikan dengan puluhan ribu video belajar beranimasi, ratusan ribu latihan soal dan akses ke tryout daring tersedia dalam format aplikasi digital, yang dipercaya mampu membuat proses belajar dapat lebih interaktif, personal, dan dapat dimonitor secara akurat.

Ketiga, selain mengedepankan academic excellence, Brain Academy juga akan memberikan dan menyajikan materi soft skills seperti 'berpikir kritis', 'berkomunikasi', 'menyelesaikan permasalahan', 'kepemimpinan', serta 'literasi teknologi'.

Tentu saja, dengan diadakannya pengembangan soft skills menjadi salah satu langkah Brain Academy untuk menyiapkan para pelajar yang tergabung di dalamnya sebagai peserta didik yang siap berkompetisi dalam dunia profesional.

Keempat, untuk membuat proses pembelajaran semakin nyaman, Brain Academy pun juga akan menyediakan smart classroom berdesain modern dan sudah terstandarisasi, yang jauh dari kesan kaku.

Di ruang kelas tersebut, tentu telah dilengkapi dengan perangkat digital untuk siswa, dan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Adapun, hal tersebut dilakukan guna mempersiapkan siswa untuk dapat berkompetisi secara global. Terdapat juga ruang untuk siswa berdiskusi dengan teman dan konsultasi dengan para guru, studio kreatif, kafe, dan musola.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RP
AI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini