Pada 17 Agustus 2019 Nanti, Ada yang Baru di Bandara Soekarno-Hatta

Pada 17 Agustus 2019 Nanti, Ada yang Baru di Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta terminal 3 @Akhyari Hananto

PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan landasan pacu (runway) ketiga Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 2.500 m sudah tuntas 100% dan siap dioperasikan. Secara teknis Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) siap beroperasi pada pertengahan Agustus 2019, yaitu setelah Standard Operating Procedure (SOP) disempurnakan dan Sosialisasi kepada para maskapai penerbangan dilakukan. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dioperasikannya Runway 3 Bandara Soetta pada bulan Agustus akan menjadi kado spesial di hari Kemerdekaan Indonesia.

Jika seluruh persiapan sudah matang, Budi mengatakan landas pacu ketiga akan resmi mulai beroperasi pada Agustus 2019.

“Memperingati 17 Agustus (landas pacu ketiga resmi beroperasi). Sekarang sudah bisa, tapi perlu disiapkan semua. Ini menjadi kado untuk (memperingati proklamasi) kemerdekaan RI,” kata Budi.

Saat ini, lanjutnya, CGK beroperasi dengan runway satu dan runway dua. Melalui kedua runway itu, kapasitas penerbangan di Soekarno-Hatta sebanyak 81 pergerakan pesawat per jam.

Dengan adanya Runway 3 ini dapat membuat kapasitas take off landing bertambah menjadi 114 take off landing. Saat ini Runway 3 memiliki panjang 2.500 meter, namun akan bertambah hingga 3.000 meter sampai Bulan November 2019.

"Sekarang kemampuan dari Soetta, satu jam itu kira-kira 81 take off-landing. Dengan kapasitas itu, memang kita belum bisa membuat kecepatan jadi lebih baik. Oleh karenanya kita diamanahkan untuk membangun Runway 3 dengan harapan bisa akan tambah menjadi 114 take off-landing. Jadi ada peningkatan level of service-nya," papar menteri seperti dikutip Sindonews.com

Jika Runway sepanjang 3.000 meter telah rampung, maka akan dapat menambah lagi kapasitas take off-landing hingga 40%. "Sekarang ini 2.500 meter yang telah rampung dan bisa segera digunakan. Nanti kita akan laporkan kepada Pak Presiden. Dalam waktu Bulan September atau Oktober sudah menjadi 3.000 meter dan naik menjadi 40% itu bisa diilustrasikan kira-kira menjadi 100 juta penumpang per tahunnya, " ungkapnya.

Beroperasinya landas pacu ketiga di Bandara Soekarno-Hatta akan diharapkan akan membuat lalu lintas penerbangan semakin lancar dan mendatangkan lebih banyak penerbangan. Dengan demikian, ke depannya bandara ini dapat melayani pergerakan hingga 100 juta penumpang per tahun, atau setara dengan Bandara Atlanta (AS), maupun bandara Beijing (Tiongkok).

(Dari berbagai sumber)

Pilih BanggaBangga89%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang11%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Kebudayaan Keturunan Wangsa Bonokeling yang Masih Kental Sebelummnya

Kebudayaan Keturunan Wangsa Bonokeling yang Masih Kental

Selain Bumilangit, Ini Cinematic Universe Asal Indonesia Lainnya Selanjutnya

Selain Bumilangit, Ini Cinematic Universe Asal Indonesia Lainnya

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.