Kearifan Lokal Tradisi Perawatan Tubuh

Kearifan Lokal Tradisi Perawatan Tubuh

Ilustrasi perawatan tubuh © edev.fits.id

Setiap orang pasti ingin tampil maksimal di setiap kesempatan, terutama bagi para wanita. Demi penampilan yang maksimal salah satu hal penunjangnya adalah dengan melakukan perawatan tubuh. Di Indonesia, terdapat tradisi perawatan kecantikan dengan teknik sauna, tapi dengan cara tradisional yang diwariskan secara turun temurun.

Ratus, dengan metode penguapan yang serupa dengan sauna salah satu rahasia kecantikkan abadi Ken Dedes ini memiliki banyak manfaat. Bahan-bahan yang digunakan untuk melakukan ratus adalah kemenyan, cendana, kenanga, dan klabet atau klobot yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sebelum direbus.

Ratus | Foto: matanaga.com

Lalu uap air rebusan campuran beberapa bahan herbal tersebut digunakan untuk mengasapi seluruh bagian tubuh termasuk rambut. Tak hanya itu, ratus juga baik untuk merawat organ kewanitaan karena mampu menghilangkan lendir penyebab keputihan, juga dapat memperlancar aliran darah.

Jangan khawatir, air rebusan ratus juga bisa digunakan untuk membuka pori-pori yang tersumbat, sehingga kotoran di wajah terangkat.

Ratus perawatan tubuh khas Indonesia ternyata juga digemari oleh masyarakat Negeri Sakura. Mooryati Soedibyo, sang pemilik Mustika Ratu, membuka gerai spa Taman Sari Royal Heritage mengakui bahwa gerainya yang beroperasi di Jepang ramai pengunjung yang tertarik mencoba spa dan ratus tradisional Indonesia.

Selain Ratus, perawatan tubuh tradisional khas Indonesia dengan konsep sauna adalah Batimung. Berasal dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan, sauna tradisional ini bisa dilakukan sendiri di rumah.

Ramuan bedak dingin menjadi salah satu elemen penting untuk melakukan perawatan ini. Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana yakni minyak serai, akar wangi, daun jeruk purut, temu giring, kenanga, pandan, dan melati.

Batimung | Foto: pamperpop.com

Seluruh bahan tersebut direbus, lalu setelah mendidih dan tubuh sudah terbalut handuk, panci diletakkan di bawah bangku kecil supaya uapnya dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh. Rempah yang dipakai mampu menghilangkan toksin dan sel kulit mati. Setelah melakukan batimung tubuh akan semakin rileks, membuat tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Ternyata batimung mengandung nilai kebersamaan di dalamnya. Dahulu batimung dilakukan untuk merawat calon pengantin perempuan, dan satu kampung ikut membantu proses tersebut. Indonesia memang kaya, tak hanya perawatan tubuhnya tapi juga filosofinya.

Sumber: uns.ac.id | hellosehat.com | lifestyle.kompas.com

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Sinergi Balitbang ESDM, Badan Geologi & PLN Kembangkan Panas Bumi NTT Sebelummnya

Sinergi Balitbang ESDM, Badan Geologi & PLN Kembangkan Panas Bumi NTT

Eksotisnya Kepulauan Banda Tak Pernah Mengada-ada Selanjutnya

Eksotisnya Kepulauan Banda Tak Pernah Mengada-ada

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.