Kisah Tentang Langit, Bintang, dan Benda Angkasa : Cerita Rakyat dari Naskah Kuno

Kisah Tentang Langit, Bintang, dan Benda Angkasa : Cerita Rakyat dari Naskah Kuno
info gambar utama

Kita sebagai Anak bangsa dan orang Asia lebih mengenal akan dongeng mitologi dari Yunani dan Romawi. Selain itu, kita akan lebih mudah menemukan Rasi Bintang Orion di langit daripada menemukan bentuk pembajak dan naga raksasa.

Namun tahukah kawan, jika ternyata Indonesia juga memiliki panggilan khas benda-benda langit seperti Respati, Batara Kala, Joko Belek atau Anggara, Lintang Kartika, Hala Na Godang atau Waluku?

Hal ini mungkin karena kisah-kisah tersebut belum terdokumentasi dengan baik dan masih tersebar-sebar.

Kisah tentang langit dalam budaya Jawa ternyata sangat kaya, seperti Joko Belek, Lintang Banyak Angrem, Lintang Wulanjar Ngirim, dan lain sebagainya. Kisah tersebut diceritakan turun-temurun hanya secara lisan (oral) sebagai cerita rakyat. Buku yang menuliskan kisah tersebut sangatlah sedikit dan sulit ditemukan karena tidak tercetak lagi.

Selain budaya jawa, kisah-kisah langit juga ada dalam budaya lain. Naskah kuno yang ada pun sulit di akses untuk dibaca dan dipelajari, karena ditulis dengan bahasa daerah dan tidak bisa sembarang dilihat oleh orang karena nilai kesakralannya.

stmed.net
info gambar

Dewi Pramesti Kusumaningrum, salah satu anak bangsa dari Komunitas langitselatan berkesempatan mengikuti workshop “Stars of Asia”, yang bertempat di National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ), Mitaka, Tokyo pada tahun 2009. Ia satu-satunya yang mewakili Indonesia.

Ia mempresentasikan hasil penelitiannya tentang cerita rakyat (mitologi, legenda maupun dongeng) yang berhubungan dengan astronomi, yang dilakukan selama satu setengah tahun. Ia mengumpulkan sebanyak lebih dari 20 cerita rakyat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari cerita-cerita rakyat tersebut, dapat diidentifikasi pola rasi bintang dan penamaan benda langit yang dilakukan nenek moyang orang-orang Indonesia pada jaman dahulu di berbagai daerah di Indonesia.

Cerita rakyat yang ia kumpulkan adalah Bulan Pejeng (Bali), Pasaggangan’ Laggo Samba Sulu atau Pertempuran Matahari dan Bulan (Mentawai), Memecah Matahari (Papua), Manarmakeri (Papua), Hala Na Godang (Batak), Kilip dan Putri Bulan (Dayak Benoaq), Lawaendrona Manusia Bulan (Nias), Bima Sakti (Jawa), Mula Rilingé’na Sangiang Serri’ (Bugis), dan masih banyak lagi.

--

Sumber : LangitSelatan, Justin Ng, stmed.net

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini