PLTA Terbesar di Indonesia akan Dibangun Setahun ke Depan

PLTA Terbesar di Indonesia akan Dibangun Setahun ke Depan
info gambar utama

Perusahaan listrik PT PLN (Persero) dikabarkan akan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Kalimantan Utara. Kabarnya pembangkit listrik tersebut akan menjadi PLTA terbesar di Indonesia, karena memiliki kapasitas 1.350 MW.

Sripeni Inten Cahyani, selaku Direktur Pengadaan I PLN, mengatakan bahwa PLTA ini digunakan untuk mendukung perkembangan kawasan industri di pelabuhan di Indonesia.

"Di sana kan ada KIPI (Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional) Tanah Kuning. Ini akan mendukung industri smelter di sana, jadi memang butuh listrik, dan itu memang hanya bisa dipenuhi oleh PLTA," Kata Inten yang dikutip dari CNBC Indonesia

Ia juga mengatakan bahwa sudah ada pembeli potensial untuk listrik dari PLTA itu, yaitu PT Inalum (Persero) dan kawasan Industri.

Inten menargetkan, sekitar 5-6 tahun dari sekarang PLTA sudah dapat beroperasi dengan bertahap.

Luhut B Pandjaitan, selaku Menko Bidang Kemaritiman mengatakan ia ingin proyek dengan nilai US$ 2 miliar ini sudah bisa berjalan dalam setahun ke depan.

--

Sumber : CNBC Indonesia, priskop.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini