Festival Pesona Karawo Tahun Ini Dipastikan Lebih Memikat

Festival Pesona Karawo Tahun Ini Dipastikan Lebih Memikat

Valen

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Sejumlah penari pengisi acara Festival Karawo Tahun 2018 lalu memakai seragam Karawo
Sejumlah penari pengisi acara Festival Karawo Tahun 2018 lalu memakai seragam Karawo. (foto : Salman Asmu)

Gorontalo - Perubahan mendasar dipastikan akan terjadi pada pelaksanaan Festival Pesona Karawo yang akan digelar awal Oktober nanti yang akan dikemas lebih memikat.

Hal itu terungkap pada rapat yang di gelar oleh Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, Jumat (26/7/2019).

“Festival pesona karawo adalah festivalnya masyarakat Gorontalo, milik semua orang, kami membuka seluas-luasnya peran masyarakat agar mereka merasa memiliki kegiatan pariwisata tahunan nasional ini, “kata Kepala Bidang Pemasaran Ivone Reane Larekeng.

Perubahan ini antara lain pada durasi waktu festival yang diperkirakan akan memakan waktu lima hari dan diisi dengan ragam kegiatan yang lebih menarik. Sejumlah agenda festival telah rencanakan sejak dini, seperti festival kuliner tradisional, lomba mengiris serat kain, lomba menyulam karawo, fashion show busana karawo dan karnaval eksotika karawo.

Perubahan lain adalah pelibatan masyarakat secara luas, komunitas, kelompok usaha, hingga pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Secara internal manajerial pengelolaan festival ini juga berubah untuk mendukung kemeriahan hajat masyarakat ini.

Keseriusan Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo dalam pelaksanaan Calendar of Event (CoE) nasional ini terlihat sejak beberapa hari lalu. Jauh hari mereka sudah membuka diri terhadap perusahaan event organizer, atau penyedia jasa profesional penyelenggara acara.

“Kami sudah membuka diri untuk menerima dan menyeleksi event organizer, hasil yang diharapkan adalah yang terbaik untuk kemeriahan Festival Pesona Karawo”, tambah Ivone.

Komitmen untuk menyuguhkan kegiatan bertaraf nasional ini juga akan menggandeng sejumlah media. Dukungan promosi akan menggunakan ragam saluran media, baik media massa maupun kekuatan kaum milenial saat ini, media sosial.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata, Rifli Katili menyatakan pelaksanaan Festival Pesona Karawo tahun ini akan lebih semarak, tujuannya adalah menampilkan suguhan atraksi yang berkualitas berbasis ekonomi produktif.

“Semaraknya festival ini akan mengangkat kesejahteraan para pengrajin karawo yang jumlahnya ribuan di Gorontalo, sesungguhnya mereka inilah yang memiliki festival ini,”tutur Rifli.

Rifli juga menambahkan kunci kesuksesan festival ini diukur dari peningkatan kesejahteraan masyarakat pengrajin karawo, mulai dari disainer, pengiris serat, penyulam, hingga pedagang. Jumlah mereka sangat banyak dan berada di pelosok desa.

sumber : humas.gorontaloprov.go.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi100%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
Paduan Suara Voca Erudita Harumkan Nama Indonesia di Italia Sebelummnya

Paduan Suara Voca Erudita Harumkan Nama Indonesia di Italia

Mereka yang "Menolak" Sains Selanjutnya

Mereka yang "Menolak" Sains

Asriani
@gorontalo

Asriani

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.