Dorong Pengembangan Potensi Desa, KKN UMM Kolaborasi dengan Ruang Inovasi

Dorong Pengembangan Potensi Desa, KKN UMM Kolaborasi dengan Ruang Inovasi

KKN UMM 65

Di Desa Menturus terdapat beberapa potensi UKM yang sudah cukup lama hadir di pasar wirausaha. Namun masih banyak membutuhkan pengembangan dalam beberapa segmennya, di antaranya soal pembaruan pengolahan potensi dasar, kemasan, hingga pola marketingnya.

Dari hasil observasi lapangan kelompok KKN 65 Menturus terdapat 15 UKM di desa tersebut. Bidang usahanya antara lain usaha ampok (nasi jagung), tempe, tahu dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu wujud keterbukaan dan keseriusan dalam mendukung pembangunan melalui pengembangan UKM desa, KKN Kelompok 65 UMM di bawah bimbingan Dosen Pendamping Lapangan (DPL) Wahyudi Kurniawan S.H, M.H. menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan bertema “Penerapan digital marketing sebagai upaya pemasaran produk UKM guna meningkatan potensi desa Menturus”.

Dalam penyelenggaraaannya, KKN Kelompok 65 UMM bekerja sama dengan Komunitas Ruang Inovasi Jombang.

Ruang Inovasi merupakan sebuah komunitas Milenial (Milenial Creative Forum) di Kabupaten Jombang, yang berusaha mendorong pengembangan ekosistem generasi milenial dalam segala bidang seperti industri kreatif, sosial dan pendidikan.

Ruang Inovasi menjadi komunitas milenial pertama di Kabupaten Jombang yang disahkan oleh Menkumham RI, menerapkan konsep Penta Helix yang di dalamnya terdapat kolaborasi serta sinergi antara pemerintah, pihak swasta, komunitas, akademisi/perguruan tinggi, dan media.

“Kolaborasi Ruang Inovasi dengan teman teman KKN UMM di Desa Menturus ini merupakan salah satu perwujudan komitmen kami dalam menerapkan sinergi Penta Helix pada pengembangan potensi desa. Desa dengan kewenangan yang sangat luas saat ini didorong untuk mampu mandiri dan berdikari, salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah melalui pengembangan potensi desa untuk kemaslahatan ekonomi masyarakat," ujar Novy Setia Yunas selaku Founder Ruang Inovasi Jombang.

Seminar yang diselenggarakan dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai kalangan mulai pegiat UKM, Ibu-ibu PKK, pemuda, dan masyarakat Desa Menturus. Dengan pembicara Muh.Baiqun Isbahi sebagai pegiat UKM Kabupaten Jombang, dan Novy Setia Yunas Selaku founder Ruang Inovasi Jombang, sekaligus akademisi yang menjelaskan tentang mendorong desa mandiri melalui potensi desa tersebut diselenggarakan di Balai Desa Menturus, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang Sabtu (27/7).

“Melalui seminar kewirausahaan kami berharap masyarakat Desa Menturus dengan melimpahnya bahan jagung dan beras mampu dioptimalkan dengan berbagai jenis usaha, mampu mengupayakan potensi dengan seoptimal mungkin,” ujar M. Baiqun Isbahi selaku pemateri di seminar itu.

Selain itu, Baiqun menginginkan seluruh warga sadar dan berpartisipasi aktif untuk mengembangkan potensi desa dengan pembacaan secara komprehensif dan inovatif. Sehingga usaha yang nantinya akan di buat dan di kembangkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat umum di era digital.

Pilih BanggaBangga61%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang13%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi26%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Editor:
Aditya Jaya Iswara

Tingkatkan Semangat Belajar, FORSSMAKA Kembali Sebar Bingkisan Pendidikan Sebelummnya

Tingkatkan Semangat Belajar, FORSSMAKA Kembali Sebar Bingkisan Pendidikan

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara Selanjutnya

Tok! Provinsi ini Diputuskan akan Menjadi Lokasi Baru Ibukota Negara

4 Komentar

  • fiona hp

    Keren. Sangat bermanfaat 👏

  • Wiwit Rica Anggraini

    Kkn 65 UMM hebat sekali 👍

  • Hasna

    Kkn 65 umm 2019 hebat sekali

  • C. Chelsea

    Good! Educative 👍🏻

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.